Silahkan Gugat IUP Bermasalah

  • Kata Kapolres Manggarai

Oleh Christo Lawudin

Ruteng, Flores Pos – Kapolres Manggarai Tony Binsar mengatakan, jika diketahui bahwa perizinan tambang bermasalah, masyarakat dipersilahkan menggugat. Hal itu dilakukan agar duduk persoalannya jelas sehingga masyarakat tidak melakukan aksi-aksi sepihak di lapangan.

Tony Binsar Marpaung

Kapolres Manggarai Tony Binsar Marpaung

“Ruang gugat itu tersedia. Jika diketahui, izin tambang bermasalah, silahkan gugat ke pengadilan. Jika usaha pertambangan berpengaruh negatif terhadap lingkungan, silahkan melapor ke penegak hukum. Kita siap menyikapinya lebih lanjut,” katanya.

Dikatakan, yang terjadi sekarang ini di wilayah utara Matim adalah aksi sepihak warga yang menolak tambang. Aksi-aksi itu menyerempet ke tindak pidana seperti ancam-mengancam, merusakkan barang milik perusahaan tambang, dan yang terjadi belakangan ini, warga memagar jalan di Desa Legur Lai, Kecamatan Elar.

Gesekan di wilayah lokasi tambang, kata Kapolres Tony, telah menimbulkan kerawanan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serius. Hal itu berdampak pada kondisi kehidupan masyarakat setempat. “Masyarakat tidak bisa hidup dengan tenang. Jika demikian, bagaimana masyarakat bisa bekerja dengan baik dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Dalam gugat-menggugat, kata Kapolres Tony, masyarakat bisa melakukannya bersama para pendamping yang selama ini mengadvokasi warga lingkar tambang. Para pendamping tersebut tentu mempunyai kajian-kajian atas masalah tersebut, termasuk dari aspek hukum. Memproses hukum atas pelbagai persoalan tersebut merupakan langkah tepat dan diterima semua pihak dibandingkan dengan melakukan aksi-aksi sepihak di lapangan seperti sering terjadi selama ini.

Polisi Bela Investor

Warga Tumbak Robertus mengatakan, apa yang disampaikan Kapolres Binsar itu menunjukkan bahwa polisi tidak memahami kondisi secara independen di lapangan. Fakta membuktikan bahwa polisi justru bersatu dengan investor mengkriminalisasi warga.

Berkaca pada pengalaman selama ini, gugatan warga terhadap perusahaan tambang selalu berujung kekalahan dalam proses hukum. Kasus hutan lindung Soga di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai membuktikan hal itu. Warga memotong kayu dalam hutan itu dinyatakan bersalah dan dihukum atau berujung dijebloskan ke penjara. Tetapi, orang tambang yang melakukan aktivitas di tempat yang sama, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Proses hukumnya dihentikan di tengah jalan walaupun penyidik Polres Manggarai telah menetapkan orang jadi tersangka dengan alasan dan pelbagai argumen hukum yang dibangun. Hal yang sama juga dialami tua teno Serise, Sipri Amon. Kasusnya berujung penjara karena pemangku adat itu kalah berhadapan dengan perusahaan tambang.

Dan, kasus terbaru yang dialami dua warga Tumbak. Hanya karena bertengkar dan kemudian orang tambang melapor ke polisi, dua warga itu dipenjara.

“Ini kan pertengkaran biasa saja, tetapi, diproses hukum, dan alhasil dua warga Tumbak dipenjara. Masalah dasar mengapa warga menolak tambang, tidak disikapi secara serius. Demikian juga soal tanah warga yang tidak diizinkan, tetapi masuk dalam perizinan tambang, tidak digubris sama sekali ketika diangkat ke pemerintah dan penegak hukum,” ujar Robertus kepada wartawan di Ruteng, beberapa waktu lalu.***(Flores Pos, Kamis, 4 September 2014)

Dua Warga Marabola Dilaporkan ke Polisi

Dewan Harus Bela Masyarakat Lingkar Tambang

Soal Tambang, Bupati Minta Berpikir Rasional

Bupati Matim Baru Tahu?

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s