Ibu Hendak Melahirkan Ditandu dengan Kursi Plastik

  •  Di Wukir, Desa Sangankalo
  • Tidak Ada Kendaraan
  • Jalan rusak berat

Oleh Anton Pandong

Ibu Melahirkan

Ilustrasi – Ibu baru selesai melahirkan.

Borong, Flores Pos – Jalan raya rusak berat, tidak ada kendaraan Pukesmas keliling, jarak jauh dari Puskesmas merupakan sejumlah fakta betapa susahnya mengurus orang sakit di Elar Selatan. Hari Kamis (28/8) siang, seorang ibu yang mau melahirkan terpaksa ditandu dengan kursi plastik oleh warga menuju Puskesmas Wukir. Kenyataan pahit ini diungkapkan tokoh masyarakat Sangankalo Tarsi Mabling kepada Flores Pos, Kamis (28/8).

Dia mengemukakan, ibu yang hendak melahirkan itu berasal dari Kampung Pepil, Desa Gololinus, Kecamatan Elar Selatan. “Tidak ada oto yang lewat dan jalan buruk. Tidak ada oto puskesmas. Satu-satunya solusi adalah menandu sang ibu dengan kursi plastik oleh warga.

“Kondisi di sini sangat memprihatinkan. Jalan sudah rusak, tidak ada oto umum apalagi oto puskesmas, air pun tidak tersedia,” katanya.

Semua hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah, dan mesti segera membereskannya, baik jalan raya, fasilitas kendaraan pusling maupun air minum bersih. “Kami hanya bisa menyampaikan keadaan di lapangan. Kami harap ada tindak lanjut dan ithikad baik dari pemerintah daerah untuk memperhatikan kebutuhan rakyat di kampung-kampung,” ujarnya.***(Flores Pos, 3 September 2014)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s