Rumah Tersangka Kasus Pembunuhan Terbakar

  • Pembunuhan Dua Warga di Hewokloang

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores Pos – Rumah milik Markus Manugete, tersangka pembunuhan dua warga Hewokloang pada akhir Juli 2014 lalu dilalap api pada Kamis (18/9) malam. Polisi sedang melacak penyebab kebakaran ini, termasuk melacak kemungkinan adanya dugaan kaitan kasus kebakaran itu dengan kasus pembunuhan sebelumnya.

Kapolres Sikka AKBP Budi Hermawan yang dihubungi Flores Pos, Sabtu (20/9) menjelaskan, pihaknya telah memantau langsung rumah yang terbakar, Kamis malam.

“Saya sendiri telah meninjau langsung kondisi rumah yang dilalap api. Kita sedang menyelidiki untuk mengetahui penyebab kebakaran,” kata Kapolres.

Dikonfirmasi terkait informasi yang beredar bahwa kemungkinan rumah itu dibakar oleh oknum keluarga korban kasus pembunuhan, Kapolres menjelaskan polisi masih menyelidiki hal itu. “Polisi belum bisa mengetahui motif kebakaran ini, apakah rumah itu dibakar atau memang terbakar, belum pasti,” katanya.

Polisi Gelar Patroli Rutin

Kapolsek Kewapante Iptu I Made Kitug yang dihubungi terpisah menjelaskan pihaknya telah menugaskan beberapa personel untuk selalu memantau situasi di Hewoklong pasca-kasus terbakarnya rumah milik tersangka pembunuhan Markus Manugete.

“Pascakasus kebakaran rumah itu, Polisi selalu menggelar patroli rutin ke Hewoklong. Kita minta agar warga tetap tenang dan tidak melakukan hal-hal yang tidak dikehendaki pasca-rumah terbakar atau pasca-kasus pembunuhan pada akhir Juli lalu,” kata Kapolsek.

Diberitakan media ini sebelumnya (FP, 30/7), Dusun Kojadatat,  Desa Hewokloang, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka, sejak Sabtu (26/7) berlumuran darah usai terjadinya peristiwa  pembunuhan keji yang dilakukan Markus Manugete (42) warga setempat terhadap dua bersaudara Elias (30) dan Yulius Keor (40) warga Hewokloang. Pasca-kasus ini, situasi di Hewokloang masih lengang.

Aksi pembunuhan keji ini terjadi kediaman pelaku, menewaskan Elias dan Yulius Keor langsung di tempat kejadian perkara (TKP). Pelaku sendiri sebelum menghabisi dua nyawa bersaudara itu sempat ditebas oleh korban Elias sehingga menyebabkan tiga jari tangan kirinya terpotong. Pelaku kemudian menyerahkan diri ke Polsek Kewapante dan beberapa menit kemudian, Polsek melarikan pelaku ke RSUD Maumere untuk kepentingan penanganan medis tiga jari tangannya usai dibacok korban Elias.

Pelaku Markus Manugete yang ditemui Flores Pos di Ruang Dahlia RSUD Maumere, Minggu (27/7) menjelaskan peristiwa berdarah itu berawal dari ulah tiga bersaudara Elias, Yulius dan Joni mendatangi rumahnya dengan dilengkapi dengan parang pada Sabtu (26/7) petang.

“Saya sempat dua kali memberitahukan kepada para korban agar tidak boleh melakukan aksi nekat. Namun, permintaan saya tak dihiraukan para korban. Para korban kemudian mendekati rumah saya lengkap dengan parang. Korban Elias pertama hendak menebas saya. Mujur saya bisa menangkis dengan tangan sehingga saya selamat, meskipun tiga jemari tangan kiri saya terputus,” kata Markus yang diwawancari dalam posisi dijaga oleh salah satu anggota polisi yang ditugaskan.***(Flores Pos, Senin, 22 September 2014)

Baca artikel terkait: Rekonsiliasi Hewokloang

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s