Suster Eustochia Bantu Anak Balita Korban Penggusuran

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores Pos – Koordinator Tim Rela­wan untuk Kemanusiaan Flo­res (TRUK-F) Suster Eus­tochia SSpS, Rabu (29/10), menemui puluhan warga yang masih bertahan di loka­si penggusuran tanah HGU Kota Uneng. Suster Eusto­chia memberikan bantuan belasan dus air kemasan dan biskuit untuk anak-anak balita, ibu hamil, dan anak-anak lainnya.

Disaksikan media ini, Suster Eustochia menemui anak-anak balita dan anak-anak lainnya di salah satu pohon di antara reruntuhan bangun­an. Anak-anak balita dan anak-anak lainnya didampingi orang tua mereka menerima keda­tang­an suster Eustochia.

Suster Eustochia kemu­dian menyapa para anak ba­lita dan anak-anak serta orang tua mereka. Ia kemudian menyerahkan bantuan.

Bantan Kemanusiaan

Suster Eustochia kepada warga mengumukakan, keha­dirannya tidak bermaksud untuk membela siapa-siapa, tetapi hanya bermisi kema­nusiaan.

“Yang saya bantu adalah anak-anak kecil, ibu hamil dan anak balita. Ini hanya bantuan kemanusiaan. Saya tidak masuk pada wilayah menilai siapa yang benar dan siapa yang salah,” katanya.

Menurut Suster Eusto­chia, pada wilayah kemanu­sia­an, semua pihak bisa mem­bantu anak balita, anak-anak dan ibu hamil sehingga mereka tidak men­jadi korban akibat sakit selama bertahan di alam ter­buka dan dalam kondisi pa­nas terik di siang hari.

“Saya menyarankan agar dalam kondisi sulit apa pun, kita harus memikirkan lo­kasi hunian baru. Sebab kita tidak bisa bertahan di sini di alam terbuka apalagi di saat hujan,” katanya.

Kepada para siswa, ia berpesan agar mereka mulai mengikuti KBM. “Saya min­ta anak-anak sekolah untuk mengikuti KBM seperti bia­sa demi masa depan kamu,” katanya.

Ia juga meminta warga yang bertahan agar tekun ber­­doa, termasuk doa rosa­rio. “Dengan berdoa, kita memperoleh kekuatan. Kita tidak bisa pegang pada omongan orang. Yang kita pegang adalah apa yang dikatakan Tuhan,” katanya.

Terima Kasih

Yos Tukan mewakili war­ga menyampaikan terima ka­sih kepada Suster Eusto­chia yang telah memberikan perha­tian dan dukungan ke­manu­siaan kepada para anak balita, anak-anak dan ibu hamil.

“Saya atas nama warga di sini menyampaikan teri­ma kasih atas perhatian dan kepedulian Suster,” kata Yos Hayon.***(Flores Pos, Kamis, 30 Oktober 2014)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s