Wajah Buram APBD Lembata TA 2014

Oleh Maxi Gantung

Lewoleba, Flores Pos – Persentasi pencapaian APBD 2014 Lembata per 31 Oktober 2014 menunjukkan wajah buram APBD Kabupaten Lembata tahun 2014. Pemerintah tidak serius mengurus Lembata.

Hampir semua fraksi di DPRD Lembata dalam pemandangan umum terhadap nota keuangan dan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2014 pada sidang paripurna DPRD, Rabu (3/12) malam menyorot realisasi pendapatan dan belanja serta pembiayaan APBD tahun anggaran 2014. Sidang dipimpin Ketua DPRD Lembata Ferdinandus Koda, dihadiri Wakil Bupati Lembata Viktor Mado Watun dan para kepala dinas, badan, kantor dan bagian Setda Lembata.

Fraksi PAN dalam pemandangan umumnya yang dibacakan Fraksiskus Limawai, menyatakan, dari laporan bupati terlihat jelas persentasi pencapaian menunjukkan wajah buram APBD 2014. Dalam 10 bulan terakhir, pendapatan daerah baru mencapai 71,88 persen, belanja daerah baru mencapai 57,31 persen.

“Sebuah tingkat pencapaian yang tidak maksimal dan menunjukkan lemah dan buruknya kinerja pemerintah. Pertanyaan kita, mengapa tingkat pencapaian tidak optimal? Apa saja kerja pemerintah selama 10 bulan ini? Ketika kita membagi secara merata tingkat pencapaian setiap bulan, maka seharusnya pencapaian di bulan kesepuluh ini berkisar 83 persen,” ujar Fraksi PAN.

Bagi Fraksi PAN, hanya mukjizat saja yang bisa mendongkrak untuk mencapai angka 80 persen ke atas. Fraksi PAN sangat meragukan kinerja pemerintah selama bulan November dan Desember guna mencapai angka-angka yang diharapkan. APBD murni saja pencapaiannya sangat kecil, lalu apa yang harus kita buat dalam pembahasan perubahan APBD tahun Anggaran 2014?

“Sebuah pertanyaan yang sulit dijawab, bahkan tidak perlu dijawab karena kita tidak punya cukup kemampuan untuk menjawabnya. Hanya mukjizat saja yang memampukan kita untuk keluar dari kelemahan-kelemahan eksistensial dan pengelolaan APBD tahun anggaran 2014 ini.”

Sementara itu, Fraksi Kebangkitan Nurani Keadilan Nasional yang dibacakan Lasarus Teka Udak mengatakan, sesuai laporan realisasi pendapatan baru mencapai 71,88 persen, belanja daerah 57,31 persen. Angka-angka ini memberikann gambaran suram tentang realisasi pelaksanaan APBD tahun anggaran 2014 dan buruknya kualitas tanggung jawab pemerintah terhadap pelaksanaan APBD yang telah disepakati bersama antara pemerintah dan DPRD.

Fraksi PDIP Perjuangan dalam pemandangan umumnya yang dibacakan Yakobus Liwa, Selasa (2/12), menyoroti belanja tidak langsung yang relisasinya di bawah 83 persen di mana masing-masing itemnya seperti belanja hibah hanya 39,89 persen, belanja bantuan sosial, 28,76 persen dan belanja bantuan keuangan 39,76 persen, dan terhadap belanja langsung dengan belanja pegawai hanya 51,34 persen, belanja barang dan jasa 55,36 persen dan belanja modal hanya 33,12 persen.

Fraksi PDIP menyanyangkan hal ini sekaligus secara terbuka menyatakan bahwa pemerintah belum terlalu serius dalam memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada serta kinerja SKPD yang diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti malah dibiarkan begitu saja tanpa merasa bersalah terhadap tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan.*** (Flores Pos, Jumat, 5 Desember 2014)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s