Ende Mendapat 21 Dokter Internsip

  • Bupati Marsel: Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Oleh Willy Aran

Internsip

Ende, Flores Pos — Kabupaten Ende, pada tahun 2015, mendapat jatah 21  tenaga dokter (program) internsip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI). Ke-21 dokter muda ini telah tiba di Kota Ende dan menemui Pemerintah Kabupaten Ende di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Ende, Jumat (27/2). Selama menjalankan program internsip, mereka akan bertugas di RSUD Ende dan beberapa puskesmas terdekat di sekitar Kota Ende.

Disaksikan Flores Pos, Jumat (27/2) di Rujab Bupati Ende, kedatangan ke-21 dokter internsip diterima oleh Bupati Ende Marselinus Y.W. Petu, Wabup Djafar Achmad, Sekda Ende Dokter Gusti Ngasu, Asisten I Setda Ende dan juga Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Martinus Satban, Sekretaris Dinkes Dokter Muna Fatma, Direktris RSUD Ende Dokter Nelly Pani dan Kepala Bidang di Dinkes serta kepala puskesmas dalam Kota Ende.

Sekda Ende Dokter Gusti Ngasu, saat pertemuan itu menjelaskan bahwa  program dokter internsip merupakan proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan dokter keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik lapangan.

Sekda Ende juga mengatakan, selama berada di Kabupaten Ende, para dokter ini akan menjalankan masa praktiknya selama 8 bulan di RSUD Ende dan 4 bulan di puskesmas terdekat. Mereka berasal dari beberapa panti pendidikan yakni Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta dan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

“Peserta program intersip adalah dokter yang baru menyelesaikan program studi pendidikan di fakultas kedokteran, yang akan menjalankan praktik kedokteran, dan mengikuti pendidikan dokter spesialis. Para dokter ini telah dibiayai oleh Kementerian Kesehatan RI untuk menjalankan masa tugas dan praktiknya di Ende,” katanya.

Kualitas Pelayanan

Bupati Ende Marselinus Petu, dalam arahannya pada pertemuan itu mengatakan, kedatangan para dokter ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Ende dan pelbagai puskesmas kepada masyarakat. Menurut Marsel Petu, sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Ende, dan kedatangan mereka bisa mengisi kekurangan tenaga dokter di Ende.

Marsel Y.W. Petu dan Achmad Mochdar

Bupati Ende Marsel Y.W. Petu (kanan) dan Wabup Ende Achmad Mochdar

“Selain sektor pendidikan dan ekonomi, sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas kita. Dengan kehadiran para dokter internsip ini, diharapkan memberikan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Ende. Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan tenaga kesehatan kepada Kabupaten Ende,” katanya.

Bupati Ende juga memberikan gambaran tentang karakteristik Kabupaten Ende. Kabupaten Ende merupakan bagian penting dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia karena Pancasila lahir dari Kota Ende. Kabupaten Ende juga merupakan kabupaten yang dihuni oleh masyarakat yang memiliki berbagai etnis. Bupati berharap, di antara 21 dokter ini, ada yang akan bertahan di Ende dan tidak kembali ke daerah asalnya.

“Meski ini kontrak kerja dengan Kementerian Kesehatan RI, tetapi kami mengharapkan dari 21 dokter ini, ada yang betah dan akan tinggal di Ende, atau tidak kembali ke daerah asalnya. Jadikanlah Ende sebagai kota asalmu untuk berkarya dan mengabdi, serta jangan pulang lagi. Selamat menjalankan tugas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat Kabupaten Ende merindukan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal,” tandasnya.*** (Flores Pos, Sabtu, 28 Februari 2015)

Baca: Kualitas Pelayanan RSUD Ende Diharapkan dari Dokter Internsip?

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s