Ricuh, Sidang DPRD Manggarai Barat

Sidang Mabar

Suasana di ruang sidang DRPD Manggarai Barat saat sidang DPRD Manggarai Barat (Mabar) dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPj-AMJ) Bupati Mabar 2011-2014, pada Kamis (11/6).

  • Petrus Nolakus Tanla Mengamuk

Oleh Andre Durung

Labuan Bajo, Flores Pos — Sidang DPRD Manggarai Barat (Mabar) dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPj-AMJ) Bupati Mabar 2011-2014 yang dibaca sendiri Bupati Mabar Agustinus Ch. Dula diwarnai kericuhan, di ruang sidang DPRD Mabar, pada Kamis (11/6).

Kericuhan itu terjadi terutama dilakukan oleh anggota DPRD Mabar Petrus Nolakus Tanla yang tiba-tiba “mengamuk” di ruang sidang DPRD Mabar. Itu terjadi setelah berkali-kali, Petrus Tanla meminta pemimpin sidang Fidelis Sukur untuk memberikan kesempatan kepadanya untuk berbicara, namun pemimpin sidang tidak gubris. Seketika itu, Ino mengangkat kayu papan nama di depannya dan melemparkannya ke depan sehingga mengenai gelas minuman milik seorang wakil rakyat.

Gelas tersebut hancur berantakan. Remah-remah pecahannya langsung dibersihkan staf sekretariat dewan. Seketika itu pula, wakil rakyat yang lain berhamburan menuju Petrus Tanla yang berdiri maju, untuk meredakan situasi. Tidak puas dengan itu, Petrus Tanla kembali ke tempat duduk dan merobek segepok naskah di mejanya. Sidang pun bubar seketika.

Kericuhan itu terjadi persis saat pemimpin sidang Fidelis Sukur sedang membacakan agenda sidang selanjutnya terkait pembentukan Pansus LKPj-AMJ.

Sesaat sebelumnya, pemimpin sidang sudah berkali-kali mengingatkan para peserta sidang supaya jangan bertanya tentang hal-hal di luar agenda rapat nota pengantar LKPj-AMJ, dengan alasan materinya bakal melebar luas.

Dalam sidang itu, hadir Bupati Mabar Agustinus Ch. Dula dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar dan anggota DPRD Mabar.

Perjelas Batas Wilayah

Sebelum terjadi kericuhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) diminta memperjelas batas wilayah Kabupaten Manggarai Barat dengan Kabupaten Manggarai. Permintaan ini beralasan, ada warga tertentu yang status kependudukannya tidak jelas. Selama ini, warga bersangkutan mengaku sebagai penduduk Kabupaten Manggarai tetapi ia tinggal di wilayah Mabar.

Hal tersebut diangkat Ketua Fraksi Kebangkitan Nasional Indonesia (FKNI) DPRD Mabar, Sebastianus Nyaman dalam sesi tanya-jawab lisan.

Menurut Sebas, selama ini, ada oknum di Kampung Maras, Desa Watu Baru, Kecamatan Macang Pacar, Mabar yang status kependudukanya tidak jelas. Oknum tersebut mengaku penduduk Kabupaten Manggarai, namun ia tinggal di wilayah Mabar.

“Masalah ini harus segera diselesaikan, status kependudukan warga bersangkutan harus jelas dan batas wilayah setempat juga harus jelas. Ini sangat penting,” katanya.

Saat menyinggung status kependudukan tersebut, tak ada tanggapan, baik dari Wakil Ketua DPRD Mabar Fidelis Sukur selaku pemimpin sidang maupun dari Pemkab Mabar.

Namun kericuhan terjadi, saat pemimpin sidang Fidelis Sukur membacakan agenda sidang selanjutnya terkait pembentukan Pansus LKPj-AMJ. Karena kericuhan itu, sidang pun dibubarkan.*** (Flores Pos, Senin, 15 Juni 2015)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s