Malam Puisi Anti Narkoba Menggemaskan

1

Sebagian peserta pagelaran malam puisi anti narkoba yang digelar Komunitas Sastra Rakyat Ende (Sare) di Aula STPM Santa Ursula Ende, Sabtu (27/6).

  • Martin Ndate: Momen Penyadaran Kaum Muda

Oleh Avent Saur

Ende, Flores Pos — Malam Puisi yang digelar Komunitas Sastra Rakyat Ende (Sare) memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Aula Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende pada Sabtu (27/6) menyajikan acara-acara yang menggemaskan ratusan peserta. Acara yang dibuka oleh Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Kepolisian Resor Ende IPTU Anastasius Manna ini diawali dengan teatrikal puisi berjudul “Mencari Seberkas Cahaya” karya Pater Avent Saur dibawakan oleh Kru Komunitas Sare Rizky Arubone.

Rizky Arubone, mahasiswi PGSD Universitas Flores ini, melakonkan “Mencari Seberkas Cahaya” dengan suara menggelegar dan ekspresi yang mengundang keprihatinan terhadap korban penyalahgunaan narkoba. Aula STPM Santa Ursula yang diisi ratusan peserta tersebut hanya diliputi cahaya sebuah lampu remang dan belasan lilin yang dinyalakan di lorong tengah.

Teatrikal puisi ini diikuti oleh pelbagai acara menarik lainnya seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi, nyanyian, penyalaan seribu lilin dan pembubuhan tanda tangan dibawakan oleh peserta perwakilan dari pelbagai sekolah tinggi dan kelompok minat di Kota Ende. Acara bertema “Sebait Puisi dan Lilin Harapan” berlangsung pukul 20.00-23.00 Wita, dipandu oleh master ceremony (MC) inisiator dan pendiri Komunitas Sare Frater Kristo Suhardi SVD dan pendamping Komunitas Sare Bruder Pio Hayon SVD.

Hadir dalam malam puisi ini, Kasat Narkoba Polres Ende IPTU Anastasius Manna beserta anggota, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ende Martinus Ndate, dosen dan mahasiswa STPM Santa Ursula Ende, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Flores, Mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa (Stipar) Ende, kru sponsor dari PT Wings Surya Ende, kelompok minat Milanisti Indonesia Sezione Ende, dan beberapa kelompok minat serta orang muda lainnya.

Momen Penyadaran Kaum Muda

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ende Martinus Ndate mengatakan, pagelaran malam puisi memperingati Hari Anti Narkoba Internasional ini, bukan saja sebagai momen mengekspresikan pelbagai potensi orang-orang muda, melainkan terutama sebagai momen penyadaran bagi masyarakat lebih khusus kaum muda tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, pagelaran malam puisi mesti diadakan secara terus-menerus dengan melibatkan semakin banyak orang muda di Kota Ende.

Pagelaran malam puisi ini, lanjut Martin Ndate, sangat bermanfaat bagi kaum muda di mana mereka menimba wawasan baru terkait penyalahgunaan narkoba, mengekspresikan secara kreatif keprihatinan mereka terhadap korban penyalagunaan narkoba, dan menerima penanaman nilai untuk mengembangkan hidup yang lebih baik.

“Malam puisi ini mesti dipertahankan, dan saya mengapresiasi Komunitas Sare yang menggelar malam puisi dengan melibatkan banyak orang muda. Selanjutnya, malam puisi ini mesti digelar dengan melibatkan lebih banyak orang muda lain lagi, terutama para pelajar di pelbagai sekolah menengah atas,” kata Martin.

Ajakan untuk Peduli

Mewakili Kapolres Ende AKBP Johannes Bangun, Kasat Narkoba IPTU Anastasius Manna saat membuka pagelaran malam puisi mengatakan, warga masyarakat mesti mengajak sesamanya mulai dari dalam rumah sendiri, lalu ke lingkungan masyarakat serta di tempat kuliah dan tempat kerja. Hanya dengan cara ini, pengedaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba bisa dikendalikan di wilayah kita khususnya dan Indonesia umumnya.

IPTU Anastasius Manna

IPTU Anastasius Manna

“Kita tentu prihatin dengan akibat serius dari penyalahgunaan narkoba di mana setiap hari pasti ada korban narkoba. Kita selalu disadarkan akan hal itu, dan mengingatkan kita untuk menghindari narkoba,” kata Anastasius.

“Kapolres Ende menyampaikan apresiasi kepada Komunitas Sare yang mengajak pihak kepolisian dan menghimpun mahasiswa dari pelbagai sekolah tinggi serta pihak pemerintah untuk memaknai HANI pada tahun 2015 ini,” lanjutnya.

Pagelaran malam puisi yang disponsori oleh PT Wings Surya Ende ini ditutupi dengan penyalaan seribu lilin oleh semua peserta dan pembubuhan tanda tangan. Dalam acara ini, PT Wings Surya menyajikan minuman white coffee dan mie instan kepada semua peserta.

Malam puisi anti narkoba digelar berkat kerja sama Komunitas Sare, KPA Kabupaten Ende, STPM Santa Ursula Ende dan Kepolisian Resor Ende. Sebelum acara puncak ini, Komunitas Sare juga membagikan stiker anti penyalahgunaan narkoba di perlimaan Kota Ende, dengan melibatkan Polres Ende, KPA Ende, dan kelompok minat Milanisti Indonesia Sezione Ende, pada Jumat (26/6).*** (Flores Pos, Selasa, 30 Juni 2015)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s