Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap, Ibu Empat Anak Ditahan

Oleh Wall Abulat

BayiMaumere, Flores Pos — Penyidik Polres Sikka sejak Minggu (28/6) menahan Agustina Nona Ina (33) warga Kampung Wodon, Desa Blatatatin, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka karena terbukti membuang bayi hasil hubungan gelapnya dengan pria idaman lain bernama Edu saat keduanya bekerja di Kalimantan 9 bulan lalu.

Bayi laki-laki yang dilahirkan Agustina Nona Ina lahir di salah satu kebun milik petani di Desa Ojang, Kecamatan Talibura pada Jumat (26/6). Usai dilahirkan, pelaku membungkus bayi itu di dalam sak semen lalu dibuang di kebun.

Pelaku  yang merupakan ibu empat anak hasil hubungan dengan suami sahnya dijemput polisi pada Sabtu (27/6). Di hadapan polisi, pelaku mengakui perbuatannya.

Pelaku Agustina Nona Ina yang ditemui Flores Pos di Mapolres Sikka, Sabtu (27/6) mengakui, ia memiliki suami sah bernama Bandi dan sudah dikaruniai empat anak.

”Bayi yang saya buang ini adalah hasil hubungan gelap pria idaman lain bernama Edu saat kami berdua sama-sama bekerja di Kalimantan. Selama ini, saya berupaya untuk menutup kandungan saya agar tidak diketahui suami sah hingga melahirkan pada Jumat,” kata Agustina.

Agustina mengaku ketika hendak melahirkan, ia berangkat dari Kampung Wodon ke kampung halamannya di Ojang untuk melahirkan di sana pekan lalu. ”Usai melahirkan, saya bungkus bayi itu dalam sak semen. Saya buang bungkusan itu ke kebun warga,” kata Agusina.

Minta Maaf

Agustina juga menyatakan permohohan maaf berkali-kali atas perbuatannya yang telah membuang bayi dan merusak nama baik keluarga. ”Saya menyesali perbuatan saya. Saya minta maaf. Saya siap menerima apa pun hukuman yang diberikan kepada saya,” katanya.

Disaksikan Flores Pos, pelaku yang mengenakan baju berwarna kuning kotak-kotak saat diperiksa polisi selalu tunduk malu. Pelaku juga tak henti-hentinya menangis. Air matanya selalu membasahi pipinya, bahkan sempat membasahi lantai ruang penyidik.

Bayi Digigit Anjing

Kasat Reskrim Polres Sikka AKP Hendri Sianipar kepada Flores Pos, Sabtu (27/6) menjelaskan bahwa kasus penemuan bayi itu berawal dari keterangan saksi Marianus Daud (38) yang pada Jumat (26/6) melihat seekor anjing yang membawa benda yang mencurigakan.

”Saksi Marianus Daud mengira bahwa benda yang digigit anjing itu adalah seekor monyet, lalu saksi mengejar anjing tersebut, dan anjing melepaskan gigitannya di jalan Raya. Setelah saksi mendekat dan melihat dengan jelas, ternyata benda yang  dicurigai itu adalah bayi berjenis kelamin laki-laki,” katanya.

Setelah diketahui yang dibawa itu bayi, lanjut Kasat, warga melaporkan hal itu kepada Polsek Waigete.

”Polisi yang bertugas kemudian bergegas ke TKP dan mengolah TKP. Berdasarkan hasil olah TKP diketahui bahwa bayi itu merupakan hasil hubungan pelaku dengan pria idaman lain bernama Edu saat keduanya berada di Kalimantan beberapa bulan lalu,” lanjutnya

Kasat juga menjelaskan, dalam upaya mengusut kasus ini, polisi telah memeriksa tersangka dan beberapa saksi. ”Penyidik sedang memeriksa tersangka. Saat ini penyidik sedang menyusun berita acara pemeriksaan tersangka dan beberapa saksi,” katanya.

Usut Tuntas

Kapolres Sikka AKBP I Made Kusuma Jaya yang dihubungi terpisah menjelaskan, pihaknya telah memerintahkan penyidik untuk mengusut tuntas kasus dimaksud sesuai mekanisme hukum yang berlaku.

”Kita siap mengusut tuntas kasus ini. Saya sudah memerintahkan Kasat Rekrim untuk mengusut tuntas kasus ini,” katanya.*** (Flores Pos, Senin, 29 Juni 2015)

Baca juga:

Ketika Bayi Dibuang Bundanya

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s