Anak Panti Nativitas Belum Masuk Anggota BPJS Kesehatan

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores Pos — Koordinator panti asuhan yang diasuh Yayasan Nativitasm Gracia Gleko mengakui bahwa ratusan anak panti yang diasuh pada enam panti yang dikelola yayasan itu, hingga saat ini, belum masuk menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sehingga mengalami kesulitan dalam upaya pengobatan bila ada yang sakit.

Mama Belgi

Koordinator Umum Enam Panti, Gracia Gleko

Ini disampaikan Gracia Gleko dalam sambutannya saat syukuran 40 tahun karya Maria Jeanne Colson Emma Anton atau yang dikenal dengan panggilan Mama Belgi di Panti Maria Stela Maris Nangahure, arah utara Kota Maumere pada Jumat (31/7).

Syukuran diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD didampingi Uskup Agung Ende Mgr. Vincentius Sensi Potokota, dan puluhan pastor yang bertugas di Keuskupan Maumere dan Keuskupan Agung Ende.

Hadir dalam acara syukuran ini, Bupati Kabupaten Sikka Yoseph Ansar Rera dan Ibu Irma Tibuludji, Asisten III Setda Provinsi NTT Alexander Sena, Ketua Yayasan Nativitas Belanda Theo Dinissen, Ketua Yayasan Nativitas Belgia Bart Colzon, para pemimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Sikka, para pemimpin biara, dan perwakilan elemen masyarakat.

Gracia Gleko mengatakan, selama ini anak-anak panti hanya berhak mengantongi surat keterangan miskin  (SKTM) dari kepala desa setempat bila hendak mengurus pengobatan atau kesehatan mereka di puskesmas atau rumah sakit.

“Dengan hanya mengantongi SKTM, maka prosesnya lama karena kami harus minta keterangan mulai dari RT, lurah atau kepala desa hingga kecamatan. Proses ini sangat panjang, dan sangat tidak membantu bila menangani pasien yang sedang sakit, apalagi yang membutuhkan penanganan yang cepat,” kata Gracia.

Gracia meminta Pemkab Sikka cq (casu quo – dalam hal ini) pihak berwenang untuk membantu proses keanggotaan BPJS Kesehatan anak-anak panti di bawah naungan Yayasan Nativitas. Melalui kartu BPJS itu, anak-anak memiliki hak kepesertaannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang cepat sesuai hak-hak yang berlaku.

“Dukungan pemerintah dalam upaya memproses keanggotaan BPJS Kesehatan anak-anak panti ini, sangat kami harapkan,” kata Gracia.

Siap Diproses

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera pada kesempatan itu berjanji akan menugaskan staf dan pihak berwenang lainnya untuk melakukan pendataan anak-anak panti yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan.

“Saya akan meminta pihak Dinas Sosial dan Dinas Nakertrans Sikka untuk mengecek apakah anak-anak panti di Yayasan Nativitas ini sudah masuk menjadi anggota BPJS Kesehatan atau belum. Jika belum, maka  saya akan meminta petugas bahwa anak-anak panti harus diperhatikan perihal keanggotaan BPJS Kesehatan,” kata Bupati Ansar.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sikka Hilarius E. Nadja yang dihubungi terpisah mengaku pihaknya belum mengecek keanggotaan BPJS Kesehatan kategori anak-anak panti di Sikka.*** (Flores Pos, Senin, 3 Agustus 2015)

Baca terkait:

Mama Belgi Berhasil Memanusiakan 4.220 Warga Sikka

Karya Sosial Mama Belgi

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s