SMP-SMA Tri Dharma Awali Tahun Pelajaran dengan Ekaristi

  • Terapkan Pola Relasi Orangtua-Anak

Oleh Giovanni Rante

Ende, Flores Pos — Keluarga besar kepala sekolah, guru, pegawai dan siswa-siswi SMP dan SMA Swasta Tri Dharma Ende mengawali keseluruhan kegiatan akademis pada Tahun Ajaran 2015/2016 dengan perayaan ekaristi. Perayaan ekaristi kedua sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Tri Dharma ini dipimpin Redaktur Pelaksana HU Flores Pos Pater Avent Saur SVD, dan berlangsung di Aula SMA Swasta Tri Dharma, Jalan Melati Ende, Kamis (30/7) pagi.

Hadir sebagai umat dalam perayaan ekaristi yang mengusung tema “Kasih yang Menyelamatkan” tersebut, Kepala SMA Swasta Tri Dharma Hermetis Monggo dan Kepala SMP Swasta Tri Dharma Oliva Seni. Selain itu, hadir pula para guru, pegawai, dan ratusan siswa-siswi SMP dan SMA Swasta Tri Dharma.

Pater Avent dalam khotbahnya, secara khusus, mengajak keluarga besar Tri Dharma untuk merefleksikan teks Injil Lukas, yang berkisah tentang perintah Yesus kepada Petrus dan para murid lain untuk mendayung perahu mereka ke tempat yang lebih dalam dan menangkap ikan di situ. Meskipun melahirkan rasa heran – karena Yesus sendiri bukan nelayan yang mengetahui seluk-beluk laut dan danau – perintah Yesus ini tetap dijalankan Petrus dan kawan-kawannya. Iman dan tindakan Petrus ini, kata Pater Avent, patut ditiru oleh pengelola yayasan, kepala sekolah, guru, pegawai dan siswa-siswi SMP dan SMA Swasta Tri Dharma.

“Bagi kita yang hidup pada zaman ini, perintah untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam hendaknya dimaknai sebagai perintah untuk bertolak ke kedalaman hati dan inti diri kita. Dengan demikian, kita akan mendapatkan hasil berlimpah berupa pengenalan diri yang mumpuni, mengenal secara baik kelebihan dan kekurangan diri kita,” katanya.

Pada bagian lain khotbahnya, Pater Avent mengajak mereka untuk mengerjakan sebuah pekerjaan dalam keyakinan yang sungguh akan pertolongan Tuhan. Menurut Pater Avent, sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan penuh iman akan mengarahkan manusia kepada kesuksesan dan kebahagiaan.

“Pada awal tahun pelajaran baru ini, saya mengajak siswa-siswi SMP dan SMA Swasta Tri Dharma untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam dengan cara belajar lebih sungguh-sungguh lagi. Percayalah, Allah telah menempatkan potensi-potensi tertentu dalam diri Anda; tugas Anda adalah memanfaatkan semaksimal mungkin potensi-potensi tersebut. Anda harus terus berjuang dan belajar demi perkembangan diri Anda, demi masa depan Anda, dan demi membahagiakan orangtua serta guru-guru Anda,” tegasya.

Menutupi khotbahnya, Pater Avent mengajak siswa-siswi SMP dan SMA Swasta Tri Dharma untuk bersikap bijak menyikapi pengalaman kegagalan di masa lalu. Kegagalan, kata Pater Avent, hanyalah sebuah sisi dari keseluruhan diri manusia yang pada dasarnya diciptakan Allah secara baik adanya.

Relasi Orangtua-Anak

Kepala SMA Swasta Tri Dharma Hermetis Monggo kepada wartawan menyampaikan, dalam proses pendidikan dan pembinaan para siswa di sekolah yang dipimpinnya sejak tiga tahun lalu itu, pihaknya menerapkan pola relasi orangtua-anak. Dengan menerapkan pola ini, kata Hermetis, relasi antara guru dan siswa di sekolahnya menjadi semakin mendalam. Guru mengenal dengan baik karakter setiap siswa, sedangkan siswa berani membuka diri terhadap guru.

“Siswa-siswi yang menjalankan masa pendidikan di tempat ini memiliki latar belakang yang beraneka ragam, baik dari apa yang ada pada diri maupun dalam kaitannya dengan latar belakang keluarga mereka. Kami sadar, jika kami hanya mengadalkan pola relasi guru-murid, kami akan gagal mendidik dan membina mereka. Itulah sebabnya kami mengandalkan pola lain yaitu relasi orangtua-anak,” kata Hermetis.

Hermetis lalu mengisahkan, pola relasi ini terbukti mendatangkan hasil positif, terutama bila dikaitkan dengan perkembangan mental dan kepribadian beberapa murid pindahan dari sekolah lain. Di sekolah sebelumnya, kata Hermetis, siswa-siswa tersebut dianggap sebagai siswa-siswa gagal, yang mengakibatkan mereka kehilangan kepercayaan diri. Namun ketika mereka mulai merasakan pendidikan dan pembinaan berbasiskan pola relasi orangtua-anak di SMA Swasta Tri Dharma, kepercayaan diri mereka dibangkitkan kembali, dan mereka sanggup mengekspresikan diri secara baik.

Tingkatkan Mutu Sekolah

Sementara itu, Kepala SMP Swasta Tri Dharma Oliva Seni saat menjawabi pertanyaan wartawan terkait program yang akan dijalankan pihaknya pada masa-masa mendatang, megungkapkan bahwa dirinya akan menggalang kerja sama dengan beberapa SMP yang tergolong favorit di Kota Ende. Kerja sama itu, kata Oliva, dapat membantu pihaknya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

“Kami juga memohon dukungan dari pemerintah, terutama berkaitan dengan penambahan bantuan fasilitas pendidikan di sekolah kami seperti laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Kami yakin, dengan bantuan tersebut, konsentrasi kami dalam mendidik dan membina siswa-siswi di sekolah ini akan menjadi semakin maksimal,” kata Oliva.*** (Flores Pos, Jumat, 31 Juli 2015)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s