Besok, 30 Misionaris SVD Ikrarkan Kaul Kekal

DSC07668

Bro Yonas, Bro Vista, Bro Elbert, Bro Endo, Bro Mecu

  • Di Ende, Ledalero, dan Malang

Oleh Avent Saur

Ende, Flores Pos — Sejumlah 30 misionaris muda Societas Verbi Divini (SVD) atau Serikat Sabda Allah akan mengikrarkan kaul kekal dalam SVD pada Sabtu, 15 Agustus 2015 bertepatan dengan Hari Raya dalam Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga. Perayaan kaul kekal ini dilaksanakan di tiga tempat, antara lain 5 bruder di Aula Biara Santo Konradus Ende, 23 frater di Aula Santo Thomas Aquinas Seminari Tinggi Ledalero, Maumere, dan 2 frater di Kapel Susteran Misericordia Jaya Giri Malang, Jawa Timur.

Di bawah tema “Siapakah Aku Ini?”, perayaan kaul kekal di BSK Ende akan dipimpin Provinsial SVD Ende Pater Leo Kleden SVD berlangsung pada pukul 17.00 Wita, sementara di Ledalero perayaan mengusung tema “Bergegaslah ke Pegunungan” dipimpin oleh Wakil Provinsial SVD Ende Pater Lukas Jua SVD pada pukul 16.00 Wita dan di Malang dipimpin oleh Provinsial SVD Jawa Pater Yosef Jaga Dawan SVD, pukul 09.00 WIB.

Hal ini disampaikan Rektor BSK Ende Bruder Edel Atalema SVD, Bruder Andiko SVD dari Seminari Tinggi Widya Sasana Malang-Jawa Timur dan Frater Giovanni Rante SVD dari Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Maumere.

Khusus lima bruder yang mengikrarkan kaul kekal di BSK Ende, antara lain Bruder Yonatas Ulu Seran SVD, Bruder Isidorus Mau Loko SVD, Bruder Vinsensius Seran SVD dan Bruder Vinsensius Tuas Koi SVD dan Bruder Matheus Anin SVD. Semuanya berasal dari Keuskupan Atambua di Pulau Timor, yakni Kabupaten Belu dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Rektor BSK Ende Bruder Edel Atalema SVD mengatakan, SVD sejagat dan komunitas BSK Ende patut berbangga karena pada tahun ini, jumlah bruder yang mengikrarkan kaul kekal terhitung cukup banyak dibandingkan dengan tiga tahun terakhir yang berjumlah hanya satu atau dua orang saja.

“Saya mendampingi mereka sejak masa postulat pada tahun 2006, dan pada dasarnya, mereka pantas bergabung ke dalam SVD karena pelbagai kualitas diri yang memenuhi tuntutan serikat,” ujar Bruder Edel yang juga secara intens mendampingi 5 bruder ini dalam masa probasi Januari-Juli 2015.

Mereka sangat militan dalam bekerja, lanjut Bruder Edel, dan sangat serius menghidupi dan menjawabi panggilan Tuhan yang mereka miliki. Dalam mendampingi perjalanan panggilannya, tidak ada kesulitan yang berarti karena mereka tergolong pribadi yang santun, gampang berkomunikasi, setia dalam menjalankan tugas dan berdisiplin tinggi.

“Mereka, semuanya, berasal dari daratan Timor. Tentu kenyataan ini mengingatkan kita akan permulaan misi SVD di Indonesia yang dimulai oleh misionaris dulu di Paroki Lahurus, Keuskupan Atambua, Kabupaten Belu, pada Maret 1914 silam. Pada tahun 2014 lalu, SVD genap 100 tahun di Indonesia. Kelima bruder ini adalah hadiah terindah untuk SVD dan untuk misionaris awal tersebut,” ujarnya.

Layani Seturut Profesi

Bruder Isidorus Mau Loko mengatakan, di tengah konteks dunia yang diwarnai pelbagai persoalan dalam pelbagai aspek, dirinya dan teman-teman berani memutuskan untuk mengabdikan diri kepada Allah melalui pelbagai bentuk pelayanan kepada umat-Nya.

“Kami sudah dipersiapkan selain melalui pembaruan kaul sementara dari tahun ke tahun, tetapi juga melalui persiapan intens dalam retret agung yang berlangsung di Ledalero selama kurang lebih sebulan, 4 Juli sampai 6 Agustus 2015. Kami siap untuk mengikrarkan kaul kekal, menjadi anggota tetap dalam SVD dan menjadi misionaris yang diutus ke mana saja pemimpin SVD mengutus kami,” katanya.

Bruder Isidorus juga mengatakan, seturut keahliannya dalam bidang teknik elektronik, dirinya ingin melayani orang-orang kecil terutama anak-anak muda yang ingin memiliki keterampilan dalam bidang teknik elektro.

“Ada banyak anak muda baik yang putus sekolah maupun yang tidak bersekolah sama sekali, dan mereka seringkali menganggur, tidak memiliki pekerjaan untuk masa depan mereka, atau juga hanya berburuh pada pengusaha dengan gaji yang pas-pasan. Saya berkomitmen untuk melayani anak-anak muda seperti ini. Saya ingin melatih mereka untuk berkeahlian dalam bidang yang sudah saya rengkuh di bangku kuliah. Mungkin dengan cara ini, ada suatu perubahan sosial-ekonomi dalam diri umat yang dipercayakan kepada saya nanti,” katanya.*** (Flores Pos, Jumat, 14 Agustus 2015)

Yubilaris di BSK Ende

  1. Bruder Yonatas Ulu Seran SVD
  2. Bruder Isidorus Mau Loko SVD (Roma)
  3. Bruder Vinsensius Seran SVD
  4. Bruder Vinsensius Tuas Koi SVD (Jawa)
  5. Bruder Matheus Anin SVD (Italia)

Yubilaris di Ledalero

  1. Frater Fani Adrianus SVD (Jepang)
  2. Frater Adryanus Uskenat SVD (Timor Leste)
  3. Frater Marselinus Antoni Lewo Keda SVD (China)
  4. Frater Leton Paskalis Fransiskus SVD (Chad)
  5. Frater Yanuarius Kalndija SVD (Latvia)
  6. Frater Dionisius Manek Sareng SVD (Timor)
  7. Frater Riwu Nuga Selcilius SVD (Brazil)
  8. Frater Hendrikus Seko Duru SVD (Angola)
  9. Frater Ferer Dede Vinsensius SVD (Ruteng)
  10. Frater Gabriel Akhir SVD (Papua Nugini)
  11. Frater Hilarius de Brito Laja Rebo SVD (AS, Chicago)
  12. Frater Nicodemus Moruk SVD (Portugal)
  13. Frater Leonito de Jesus Leto SVD (Chile)
  14. Frater Maternus Kehi SVD (Meksiko)
  15. Frater Petrus Pati B. Antonius SVD (Ghana)
  16. Frater Romanus Thomas SVD (Equador)
  17. Frater Nabi John Audin Ferdyanto SVD (Argentina)
  18. Frater Vinsensius Balu SVD (Venezuela)
  19. Frater Theobaldus Jewarut SVD (Madagaskar)
  20. Frater Viktory Darmawan Lianain SVD (Ende)
  21. Frater Wendelinus Sowe Teluma SVD (Brazil Selatan)
  22. Frater Saverius Susanto SVD (Austria)
  23. Frater Kristoforus Suhardi SVD (Ende)
Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s