Koperasi Floresa Didorong Terus Berbenah

Koperasi Floresa

(Kiri-kanan) Ketua Koperasi Floresa Oswaldus Bambut, Ketua Dekopinda Yakobus Dua, Kasubag Program pada Dinas Koperasi dan UMKM serta Bendahara Koperasi Floresa Angela Merici Baba saat gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Floresa, di ruang Redaksi Flores Pos, Sabtu (20/2).

Oleh Avent Saur

Ende, Flores Pos –– Koperasi Floresa didorong untuk terus berbenah menjadi koperasi berbadan hukum yang berkualitas dan bisa menjadi model bagi koperasi lain. Yang perlu dibenahi antara lain aspek kelembagaan berupa perekrutan anggota, kekompakan anggota dan pengurus serta administrasi yang sistematis.

Kepala Sub Bagian Program pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende Paulina Songkares mengatakan ini kepada pengurus dan anggota Koperasi Floresa saat membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bertempat di Ruang Redaksi Flores Pos, Sabtu (20/2). RAT yang ke-16 ini dilaksanakan dengan tema “Membangun Masa Depan Lewat Menabung dan dengan Berkoperasi Kita Pasti Maju”.

Hadir juga pada kesempatan itu, Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Ende Yakobus Dua serta Staf Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ende Ariani Jen. Koperasi Floresa beranggotakan karyawan-karyawati Flores Pos.

Paulina mengatakan, sebuah koperasi harus memiliki target untuk berkembang dari waktu ke waktu. Target itu mesti dikejar bersama, dan hanya bisa dicapai kalau pengurus selalu siap maju. Kekompakan antara anggota dan pengurus juga mesti diperkuat.

“Dinas Koperasi sering melakukan aneka pelatihan terbuka bagi para pegiat koperasi. Pengurus Koperasi Floresa diminta untuk mengikuti pelatihan tersebut demi kemajuan koperasi ini,” ujarnya.

Paulina mengapresiasi aktivitas peminjaman dan penyimpanan di Koperasi Floresa yang berjalan teratur. Proses peminjaman dan penyimpanan yang lancar akan sangat berpengaruh pada perkembangan modal.

“Koperasi harus menghidupi dirinya sendiri seturut prinsip dasarnya yaitu dari kita, oleh kita dan untuk kita. Jangan mengharapkan dana hibah dari Bansos atau KUR,” lanjutnya.

Bentuk Wadah

Ketua Dekopinda Kabupaten Ende Yakobus mengatakan, yang paling berkembang era sekarang adalah koperasi-koperasi primer. Baik keanggotaan dan usaha-usaha mikro maupun keuangannya, berkembang pesat.

Perkembangan koperasi primer ini, kata Yakobus, akan berpengaruh pada semakin terhimpitnya koperasi-koperasi serba usaha dan koperasi-koperasi simpan pinjam, semisal, Koperasi Floresa.

“Jumlah koperasi kecil di Kabupaten Ende cukup banyak. Pada suatu waktu nanti, koperasi-koperasi ini bakal terhimpit dan bahkan mati karena kalah bersaing dengan koperasi-koperasi primer yang sudah menjangkau peloso-pelosok daerah,” katanya.

Yakobus menambahkan, Dekopinda Kabupaten Ende bertekad untuk membentuk wadah koperasi sekunder yang bisa menampung dan mengayomi koperasi-koperasi kecil. Dengan wadah itu, koperasi-koperasi kecil bisa bertahan dalam persaingan. Koperasi kecil lebih menjangkau warga yang mengurusi usaha-usaha mikro.

Berikan Apresiasi

Ketua Koperasi Floresa Oswaldus Bambut memberikan apresiasi atas kehadiran dan pelbagai masukan yang disumbangkan Dekopinda serta Dinkop dan UMKM Ende dalam RAT ke-16 tersebut.

Oswaldus mengajak pengurus dan anggota Koperasi Floresa untuk menghidupi semangat kebersamaan menuju satu pikiran, satu kata dan satu tindakan dalam membangun Koperasi Floresa.

“Kita diajak untuk memajukan koperasi ini ke depannya supaya lebih berkembang dalam pelbagai aspek. Kita harus terus berbenah, memperbaiki pelbagai kekurangan,” ujarnya.*** (Flores Pos, Selasa, 23 Februari 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s