Pasang Umbul-Umbul TdF, Siswa SMK Tewas Tersengat Listrik

Etape Kedua TdF Maumere – Ende. Peserta Jason Christie tampak berdarah usai terjatuh di kilometer 17 arah timur Kota Ende, Jumat (20/5).

Etape Kedua TdF Maumere – Ende. Peserta Jason Christie tampak berdarah usai terjatuh di kilometer 17 arah timur Kota Ende, Jumat (20/5).

Oleh Arkadius Togo

Bajawa, Flores Pos — Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sanjaya Bajawa, Kabupaten Ngada, yang sedang menjalankan masa praktik di bengkel Fernando dalam Kota Ende, Kabupaten Ende, bernama Kornelis Baru tewas tersengat listrik pada Jumat (20/5).

Kornelis tewas diduga saat memasang umbul-umbul persiapan kedatangan peserta Tour de Flores (TdF) di Ende pada Jumat (20/5) sekitar pukul 08.00 Wita.

Korban sempat dilarikan ke RSUD Ende, tapi setibanya di ruang emergensi, Kornelis tidak bisa tertolong lagi. Pada hari itu juga, almarhum dipulangkan ke Kampung Hede, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Kapala Sekolah SMK Sanjaya Bajawa, Rema Andreas, pada Sabtu (21/5), mengatakan, kejadian tewasnya Kornelis berawal dari permintaan pemilik bengkel Fernando Ende kepada staf untuk memasang umbul-umbul persiapan kedatangan peserta TfF.

Saat itu, staf melakukan pemasangan umbul-umbul, tiang berbahan pipa. Saat melakukan pemasangan, tiang pipa itu mengena kabel listrik yang bertegangan tinggi. Staf pun jatuh menggelepar di tanah.

“Kemudian korban datang hendak membantu staf itu. Tidak tau bagaimana korban juga tersengat listrik. Korban juga menggelepar di tanah,” katanya.

Menurutnya, “saat itu tidak ada yang tahu kejadian itu. Tapi kebetulan ojek melintas dekat tempat itu dan menyaksikan dua korban tengah menggelapar di tanah”.

Setelah ojek melaporkannya kepada pemilik bengkel Fernando, Kornelis segera dilarikan ke RSUD Ende. Namun korban meregang nyawa di ruang emergensi RSUD Ende.

“Sementara perihal korban lainnya, belum ada informasi,” katanya.

Pemerhati masalah sosial Maxi Makmur mengatakan, masalah kecelakaan kerja siswa praktik SMK Sanjaya Bajawa di Ende mesti diusut oleh penegak hukum atau polisi. Ada indikasi kasus tersebut didiamkan.

“Saya meminta polisi agar mengusut tuntas kasus itu. Ini masalah pengawasan dan tanggung jawab lembaga antara lain SMK Sanjaya dan Bengkel Fernando,” katanya.

Menurutnya, dalam kejadian itu ada aspek kelalaian para pendidik dan lembaga pendidikan, juga pihak perbengkelan. Dari sisi perlindungan anak didik, kasus itu bisa menjadi preseden buruk terhadap lembaga pendidikan dalam pengawasan kewaspadaan kenakalan anak.

“Siswa praktik menjalankan praktik di perbengkelan, bukan untuk memasang umbul-umbul. Pihak PLN juga diusut karena menyangkut kelalaian di areal publik, ada listrik mencelakakan warga,” tegasnya.*** (Flores Pos, 23 Mei 2016)

Etape Pertama Tour de Flores (TdF) Larantuka – Maumere. Tampak suasana detik-detik menjelang final di Kota Maumere. Warga tumpah di pinggir jalan menyaksikan iven yang pertama kali diadakan di Indonesia Timur tersebut, Kamis (19/5).

Etape Pertama Tour de Flores (TdF) Larantuka – Maumere. Tampak suasana detik-detik menjelang final di Kota Maumere. Warga tumpah di pinggir jalan menyaksikan iven yang pertama kali diadakan di Indonesia Timur tersebut, Kamis (19/5).

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s