OMK Paroki Hadakewa Merayakan HUT X

Paroki Hadakewa Lembata

Dokumen koran Flores Pos, edisi 1 Juni 2016

Oleh Maxi Gantung

Lewoleba, Flores Pos — Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Laurensius Hadakewa merayakan hari ulang tahun (HUT) organisasi OMK  X pada Jumat (27/5).

Memperingati hari jadinya ini, OMK Hadakewa menyelenggarakan beberapa kegiatan, antara lain lomba baca Kitab Suci, lomba kuis Kitab Suci, lomba khotbah dan beberapa kegiatan menarik lainnya seperti pertandingan bola voli putra dan putri. Diharapkan kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta mempertebal iman OMK dan meningkatkan kreativitasnya.

Ketua panitia HUT OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa, Yohanes Pati Langotukan, megatakan bahwa untuk memperingati HUT OMK, panitia mengangkat tema “OMK  sebagai Dasar Pembentukan Keluarga Kristiani yang Mandiri”. Tema ini menjadi warna dari seluruh kegiatan pekan HUT OMK.

Selain itu, tema ini juga sejalan dengan tema tahun 2016 Keuskupan Larantuka sebagai Tahun Keluarga.

200 Anggota OMK

Yohanes Pati Langotukan menjelaskan bahwa dalam memperingati HUT OMK X, 200 anggota OMK mengambil bagian di dalamnya.  Mereka berasal dari 8 stasi.

Selain kegiatan perlombaan, panitia juga mengundang beberapa narasumber untuk membawakan beberapa materi yakni  lima materi.  Materi berjudul “OMK Memasuki Kehidupan Perkawinan dan Keluarga” oleh Romo Ben Belawa Wara (Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Larantuka), materi dari BKKBN tentang “Kekerasan dalam Rumah Tangga”, materi dari Dinas Pertanian tentang “Pembibitan Cabe”, Materi dari Kemenag tentang “Toleransi Antarumat Beragama”, Materi tentang Hidup Organisasi dari LSM Rumah Cinta”.

Kegiatan-kegiatan ini berlangsung selama 6 hari dan bertempat di Stasi St. Fransiskus Xaverius Tapobaran, terhitung sejak tanggal 23 Mei-28 Mei 2016.

Kelahiran Baru

Puncak kegiatan HUT OMK Paroki St Laurensius Hadakewa dirayakan dalam ekaristi bersama umat dan dilanjutkan dengan acara penutupan. Ekaristi puncak HUT dipimpin oleh Pastor Paroki St Laurensius Hadakewa, Romo Kristian Uran.

Sementara Romo Moses Watan Boro, selaku moderator OMK dalam khotbahnya menyampaikan bahwa momen peringatan HUT ini hendaknya menjadi awal kelahiran baru bagi semua anggota OMK di Hadakewa.

Kelahiran baru itu mesti ditandai juga dengan perubahan sikap dan tingkah laku hidup. Untuk itu, hendaknya setiap anggota OMK terus bertumbuh dari waktu ke waktu dan menghasilkan buah yang baik dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.

Dalam ekaristi ini, dilantik juga kepengurusan OMK Paroki periode 2016-2018. Sesudah ekaristi, kegiatan dilanjutkan dengan acara penutupan dan resepsi bersama umat.

Camat Lebatukan, Petrus Peka Soge, dalam sambutannya mengharapkan, OMK selalu membina diri untuk menjadi tulang punggung Gereja dan bangsa.

Lima Komitmen

Peringatan HUT OMK X ini melahirkan lima poin komitmen dan janji OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa. Pertama, OMK  Paroki St. Laurensius Hadakewa berjanji untuk mempersiapkan diri secara baik menuju hidup perkawinan di masa yang akan datang.

Kedua, OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa berjanji untuk memerangi segala bentuk kekerasan di dalam rumah tangga.

Ketiga, OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa berjanji untuk berusaha membangun masa depan dengan usaha dan kerja keras.

Keempat, OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa berjanji untuk menjaga toleransi antarumat beragama.

Dan kelima, OMK Paroki St. Laurensius Hadakewa berjanji untuk membangun organisasi OMK dalam suasana penuh kekeluargaan dan persaudaraan serta menjamin keberlangsungan OMK sebagai wadah yang mempersatukan orang muda di paroki dan stasi.*** (Flores Pos, Rabu, 1 Juni 2016)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s