Bupati “Main Sulap” Loloskan 48 Tenaga Kontrak

Oleh Maxi Gantung

Lewoleba, Flores Pos — Sebanyak 384 tenaga kontrak yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan ujian tertulis untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Namun terhadap mereka, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur takut untuk membuat surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM).

Anehnya lagi, dari 384 tenaga kontrak kategori II tersebut, ada 48 orang yang SPTJM-nya sudah ditandatangani Bupati Yance Sunur.

Eliazer Yentji Sunur

Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur

Sebanyak 48 tenaga kontrak tersebut kini menjadi PNS karena “main sulap” di rumah jabatan bupati. Mereka dipanggil melalui layanan pesan singkat/short message service (SMS) untuk melakukan verifikasi bahan mereka. Padahal dari 48 tenaga kontrak yang lulus tersebut ada yang baru bekerja tahun 2009 dan 2010. Sementara ada orang yang sudah menjadi tenaga kontrak sejak 2005, tapi SPTJM-nya tidak ditandatangani.

Hal ini disampaikan James Konde, tenaga kontrak kategori II dalam orasinya di halaman Kantor Bupati Lembata, Senin (23/5). Dalam demo tersebut, tenaga kategori II bergabung dalam Front Lembata Bersih (Rotasi).

Rotasi yang merupakan gabungan dari beberapa elemen masyarakat ini melakukan aksi demo di Kantor Bupati Lembata, DPRD Lembata, Kejaksaan Negeri Lewoleba, Polres Lembata terkait berbagai persoalan yang terjadi di Lembata termasuk masalah nasib tenaga kategori II yang hingga kini masih terkatung-katung.

James Konde, dalam orasinya, mengatakan, dari 384 tenaga kontrak yang lulus seleksi administrasi dan tes secara tertulis, hanya 48 orang saja yang SPTJM-nya bupati tandatangani. Sementara SPTJM ratusan orang lainnya, bupati tidak mau tandatangani dengan alasan takut dipidanakan.

James Konde juga  menegaskan, dari ratusan orang yang SPTJM-nya tidak ditandatangani bupati, 3 orang sudah meninggal. Ketiga rekannya itu selama ini berjuang bersama mereka, namun hingga mereka mati perjuangan belum juga berhasil.

Pemerintah Kabupaten Lembata, menurutnya, telah memperkosa hak mereka, Pemerintah Kabupaten Lembata selalu “cuci tangan” dalam kasus ini. Pemerintah tidak pernah memberikan penjelasan secara transparan tentang persoalan ini.

“Saat bertemu dengan Bupati Lembata beberapa waktu lalu, Bupati menyampaikan surat pertanggungjawaban mutlak tersebut tidak ditandatangani karena ia takut dipidanakan. Anehnya dalam perjalanan, bupati menandatangani SPTJM 48 tenaga kontrak,” ujarnya.

Kalau pemerintah transparan, menurutnya, buka semua file dokumen di Bagian Hukum Setda Lembata, lihat semua SK tenaga kontrak tersebut.

Sementara dirinya bersama teman lain yang sejak tahun 2005 menjadi tenaga kontrak daerah, bupati tidak mau menandatangi surat keterangan pertanggungjaban mutlak.

James Konde juga menyatakan bahwa dirinya adalah orang pertama yang akan melaporkan dan memproses kasus ini secara hukum.

Sementara itu salah satu poin pernyataan sikap dari Rotasi yang dibacakan oleh Pater Vande Raring SVD di depan Kantor Bupati Lembata mendesak Bupati Lembata untuk segera menandatangani surat pernyataan tanggungjawab mutlak (SPTM) untuk ratusan tenaga kontrak kategori II lainnya.*** (Flores Pos, 25 Mei 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s