RSUD Maumere Tidak Miliki Dokter Kandungan

Cipayung

Aktivis Cipayung melakukan long march di Jalan Ahmad Yani, Maumere, Kamis (26/5). Sepanjang jalan, mereka menyoroti manajemen RSUD Maumere khususnya pascaketiadaan dokter kandungan sejak beberapa bulan lalu. Tampak seorang aktivis mengadegankan “kondisi ibu hamil didampingi pasangannya”. (foto flores pos/wall abulat)

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores Pos — Puluhan aktivis Cipayung yakni gabungan PMKRI Cabang Maumere, aktivis GMNI dan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), menggelar aksi demo dan long march di beberapa ruas jalan utama Kota Maumere, Kamis (26/5). Dalam orasinya dan tuntutannya, aktivis Cipayung mendesak Bupati Sikka untuk segera mencopot Direktur RSUD Maumere, Dokter Sinaga.

Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera

Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera

Selain itu, para aktivis juga mendesak Bupati agar mendatangkan dokter ahli kandungan dalam tempo paling lambat 3 x 24 jam, mendesak DPRD Sikka segera mengalokasikan dana untuk pembenahan RSUD T.C. Hillers Maumere. Apabila semua tuntutan ini tidak diindahkan, maka aktivis berjanji menduduki Kantor Bupati Sikka.

Disaksikan media ini, para aktivis mengawali aksi dari pertigaan Bundaran Patung Teka Iku. Mereka melakukan long march dengan rute Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmah Yani, Jalan Kesehatan, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Ahmad Yani, Jalan El Tari dan berakhir di Kantor Bupati Sikka.

Sepanjang jalan yang dilalui, para orator di antaranya Wakil Sekretaris GMNI Adrianus Lawe, Presidium Germas PMKRI Orin Lado Wea, Riski, Faruq, Timotius Jampur (Sekretaris Jenderal GMNI Sikka), Adrianus Lawe (Wakil Sekretaris GMNI), Sipri, Ovin, Bento, Sevrin, Marsel, Yudi, Nedi, Ima,  menyoroti manajemen RSUD Maumere dan ketiadaan dokter kandungan.

Mereka juga membawakan teater mini yang menggambarkan perjuangan ibu hamil yang hendak melahirkan yang mengalami kesulitan di saat ketiadaan dokter kandungan.

Akan Datangkan Dokter Kandungan

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera yang hendak dikonfirmasi terkait tuntutan aktivis Cipayung di Kantor Bupati, Kamis (26/5) siang, sedang tidak berada di kantor. Informasi yang diterima media ini, Bupati sedang bertugas di Bali.

Bupati Yoseph Ansar Rera yang dihubungi melalui telepon seluler menjelaskan, pihaknya sudah berupaya mendatangkan Dokter Kandungan dari RSUD Prof Johanes Kupang bernama Dokter Juniwaty.

“Dokter kandungan akan tiba di Maumere pada Jumat (27/5),” katanya.

Sementara Direktur RSUD Maumere, Dokter Sinaga, kepada media ini menjelaskan, selain berupaya mendatangkan dokter kandungan dari RSUD Prof Johannes Kupang, RSUD Maumere juga sedang berupaya mendatangkan dokter kandungan dari Larantuka.

“Sebab di RSUD Larantuka, ada tiga dokter kandungan. Kita berupaya juga datangkan dokter kandungan dari Larantuka, karena dokter kandungan yang berasal dari RSUD Prof Johannes Kupang hanya bertugas selama satu bulan di RSUD Maumere,” katanya.

Disinggung soal desakan aktivis Cipayung agar mencopot dirinya dari jabatan Direktur RSUD Maumere, Dokter Sinaga menjelaskan, dirinya menjalankan tugas yang dipercayakan Bupati.

“Saya hanya menjalankan tugas yang dipercayakan Bapak Bupati,” katanya.

Menurut Dokter Sinaga, masalah  ketiadaan dokter kandungan di RSUD Maumere bukan saja menjadi tanggung jawabnya karena soal kewenangan pengadaan tenaga dan dokter ahli menjadi tanggung jawab pihak lain juga.

“Kita telah berupaya mendatangkan dokter kandungan dan berupaya memberikan pelayanan maksimal dalam kondisi apa pun,” katanya.*** (Flores Pos, 27 Mei 2016)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s