Sekjen Perhubungan Kembali ke Jakarta, Jalan Aegela-Mbay Kembali Rusak

  •  Diperbaiki Jelang Kedatangan Sekjen Perhubungan, Selasa  (31/5)

Oleh Wim de Rozari

Sugihardjo

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhubungan RI, Sugihardjo

Mbay, Flores Pos — Ruas jalan Aegela menuju Mbay atau sebaliknya terutama di wilayah Desa Labolewa, Olaia dan Desa Ngege Dhawe, Kecamatan Aesesa yang sebelumnya merupakan jalan berlubang dan rusak parah telah ditutupi dengan material.

Hal itu dilakukan saat Pemerintah Nagekeo mendapat informasi bahwa Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan, bakal mengunjungi Kota Mbay untuk meresmikan Pelabuhan Marapokot dan beberapa pelabuhan lainnya yang tersebar di NTT.

Kedatangan Ignasius Jonan akhirnya digantikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhubungan RI, Sugihardjo. Beliau meresmikan 9 Pelabuhan Laut di NTT, Selasa  (31/5) awal pekan lalu.

Dalam persiapan menyambut orang penting di Kementerian Perhubungan tersebut, sejumlah ruas jalan yang rusak ditutupi dengan material pasir memadat sehingga perjalanan yang sebelumnya memakan waktu berjam-jam, saat kehadiran Sekjen Perhubungan dari Aegela menuju Danga hingga Marapokot ditempuh dalam waktu setengah jam saja.

Namun kini ketika Sekjen Sugihardjo kembali ke Jakarta, jalan juga kembali rusak karena jalan tersebut hanya ditutup sementara tanpa digilas.

Warga Mengeluh

Aloysius Ligho, warga yang setiap hari melewati jalan tersebut mengeluhkan jalur Aegela menuju Danga atau sebaliknya yang rusak parah terutama di wilayah Labolewa hingga Roe, Desa Ngege Dhawe. Menurutnya, sejumlah lubang yang telah ditutupi kembali menganga sehingga mengganggu perjalanan pengendara.

Aloysius yang setiap pagi harus menjemput Koran Harian Umum Flores Pos dari Aegela mengatakan bahwa tampaknya jalan tersebut diperbaiki hanya untuk kepentingan sesaat terkait kedatangan Sekjen Perhubungan, padahal masyarakat Nagekeo membutuhkan perbaikan jalan tersebut. Perbaikan itu seakan-akan membohongi Sekjen Sugihardjo saja.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa informasi resmi pernah juga disampaikan pemerintah bahwa jalur jalan tersebut akan dikerjakan Tahun 2016 oleh PT Conblock, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dimulainya aktivitas pengerjaan.

Anggaran Rp60 Miliar Lebih

Sebelumnya, Bupati Nagekeo Elias Djo saat menerima Anggota DPRD DKI Wili Yani Nuwa Wea, Rabu (1/2) di Rumah Jabatan Bupati Nagekeo mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nagekeo sebelumnya telah dipastikan mendapat alokasi dana dari APBN senilai lebih dari Rp80 miliar untuk dua ruas jalan yakni Aegela – Danga senilai Rp60 miliar dan jalur Aegela – Gako lebih dari Rp20 miliar.

Sampai saat ini, pengerjaan jalan yang sudah ada pemenang tender tersebut masih bertanda bintang yang diduga akibat dari kasus suap korupsi oleh Politisi PDIP di DPR RI, Damayanti, yang memengaruhi proyek APBN untuk wilayah Indonesia Timur. Proyek itu masih diberi tanda bintang sehingga belum dieksekusi.*** (Flores Pos, 6 Juni 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s