Sudah Dua Minggu Ditahan, Mobil Puskesmas Nagekeo Belum Diurus

Mobil Puskesmas Danga

Inilah mobil Puskesmas Danga, Mbay, yang ditahan di Polsek Nangaroro, Kabupaten Nagekeo saat dalam perjalanan pulang dari RSUD Ende menuju Mbay dua pekan lalu. (foto/wim de rozari)

  • Terjaring Operasi Patuh
  • Sopir Tidak Ber-SIM dan Pajak Tidak Dibayar

Oleh Wim de Rozari

Mbay, Flores Pos — Kendaraan Puskesmas Keliling milik Puskesmas Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, satu-satunya kendaraan yang layak beroperasi milik Puskesmas tersebut ditahan polisi lalu lintas (polantas) di Polsek Nangaroro dua pekan lalu.

Selama ini, sebelum kendaraan itu ditahan polisi, Puskesmas Danga mengalami kesulitan kendaraan untuk melayani pasien lantaran cuma kendaraan itu saja yang bisa beroperasi. Kendaraan itu juga dipinjam dari Puskesmas Maunori beberapa waktu lalu.

Kapolsek Nangaroro, Dahlan yang ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (4/6) membenarkan kendaraan Puskesmas Keliling tersebut ditahan di Polsek Nangaroro dua minggu lalu saat dilaksanakan Operasi Patuh.

Kendaraan tersebut kembali dari Ende mengantar pasien. Saat ditilang, pengemudinya tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pajak kendaraannya juga tidak dibayar.

“Kita tahan kendaraan tersebut sebagai barang bukti. Sesuai Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, jelas aturannya. Apalagi ini kendaraan untuk pelayanan publik sehingga surat-suratnya harus lengkap,” katanya.

Dahlan mengungkapkan bahwa dirinya memahami pentingnya kendaraan untuk melayani orang sakit tersebut dan juga menginginkan agar sopir yang mengemudi kendaraan tersebut segera mengurus SIM serta menunjukkan SIM tersebut kepada pihaknya dan surat tilang juga diserahkan.

Sirene Berbunyi

Sejumlah warga sekitar pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa setelah ditahan kendaraan yang juga sering memuat jenazah tersebut pada malam hari klakson dan sirenenya sering berbunyi sendiri.

Ipin Toda, warga sekitar kompleks Kepolisian Sektor Nangaroro mengatakan, dirinya merasa terganggu karena sejak mobil itu ditahan selalu saja bunyi klakson cukup lama.

“Berbunyi tanpa ada yang membunyikan. Kejadian itu pernah terjadi pada hari Sabtu dini hari hingga pagi membuat warga sekitar ketakutan,” katanya.

Kejadian tersebut juga dibenarkan oleh Kapolsek Nangaroro Dahlan. Ia mengatakan, sejumlah istri anggota Polsek Nangaroro ketakutan karena sering mendengar bunyi klakson dan sirene secara tiba-tiba pada malam.

“Istri anggota Polsek memang gelisah dan takut. Secepatnya kendaraan tersebut diurus agar segera dimanfaatkan. Saya minta sopirnya datang antar SIM, namun tidak diindahkan,” katanya.

Kadis Kesehatan Belum Tahu

Kepala Puskesmas Danga, Claudia, saat dihubungi Flores Pos per telepon mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan persoalan tersebut ke Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo.

Ketika Flores Pos menanyakan hal tersebut kepada Kadis Kesehatan Nagekeo, Martha Lamanepa, pada kesempatan yang sama melalui pesan singkat, dikatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak disampaikan terkait penahanan kendaraan ambulance tersebut.

“Nanti secepatnya kita koordinasikan agar dapat diselesaikan. Memang sangat mengganggu aktivitas rujukan kalau kendaraan tersebut ditahan,” katanya.*** (Flores Pos, 6 Juni 2016)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s