Empat Bruder SVD Akan Ikrarkan Kaul Kekal

  • Biara Santo Konradus Ende, 15 Agustus 2016

Oleh Avent Saur

Bruder Edelbertus Atalema SVD

Rektor Biara Santo Konradus Ende, Bruder Edelbertus Atalema SVD

Ende, Flores Pos — Sejumlah empat bruder kongregrasi SVD akan mengikrarkan kaul kekal di Biara Santo Konradus (BSK) Ende pada Senin (15/8), pukul 16.30 Wita bertepatan dengan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal tersebut.

Rektor BSK Ende, Bruder Edelbertus Atalema SVD mengatakan, empat bruder yang akan mengikrarkan kaul kekal itu, antara lain Bruder Kandidus Sasi SVD, Bruder Damianus Mau SVD, Bruder Fransiskus Talan SVD dan Bruder Yohanes Nahak Taek SVD.

Semuanya berasal dari Pulau Timor khususnya Keuskupan Atambua khususnya di wilayah Kabupatan Timor Tengah Utara (TTU), Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Mereka telah melewati pelbagai proses dalam formasi dasar dalam SVD dimulai masa postulat, masa yuniorat, masa studi profesi dan akhirnya masa probasi.

Menurut Bruder Edel, dalam beberapa tahun terakhir, bruder SVD yang mengikrarkan kaul di BSK Ende semuanya berasal dari daratan Timor termasuk Timor Timur. Itu karena promosi panggilan bruder di wilayah Timor dijalankan dengan intens dan efektif oleh Promotor Panggilan Provinsi SVD Timor Bruder Clemens Balan SVD.

“Kita memang yakin bahwa panggilan itu adalah urusan Tuhan yang memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya. Tetapi upaya manusia semisal promosi panggilan tetap diandalkan untuk menggugah kaum muda khusus untuk panggilan menjadi bruder,” katanya.

Karena itu, tutur Bruder Edel, di wilayah Flores dan Lembata, promosi panggilan bruder mesti dihidupkan demi menggugah kaum muda untuk menjadi bruder khususnya dalam Kongregasi SVD.

Dalam pertemuan akbar para bruder SVD se-Indonesia di Batu, Jawa Timur, pada 27-31 Juli 2016, bertema “Berakar dalam Sang Sabda, Berkomitmen pada Misi-Nya”, rencana promosi panggilan juga dibicarakan. Para bruder bertekad untuk menjalankan promosi ini demi suburnya panggilan bruder dan demi pengembangan Kerajaan Allah.

Bruder Berkeahlian

Bruder Yohanes Nahak Taek SVD, salah seorang yang akan mengikrarkan kaul kekal, mengatakan bahwa dirinya dan tiga temannya telah melewati pelbagai proses. Terutama para bruder ini telah memiliki keahlian profesi tertentu yang diperoleh di perguruan tinggi. Keahlian itulah yang akan dibaktikan kepada umat di mana mereka akan diutus.

“Saya, misalnya, belajar khusus bidang desain gratif. Saya ingin mewujudkan keahlian ini dalam ladang misi SVD, dan juga menginginkan anak-anak muda mengembangkan bakat-bakat mereka terutama seni digital yang modern,” katanya.

Pada hari yang sama, 18 frater SVD akan mengikrarkan kaul kekal di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Maumere.

Setelah mengikrarkan kaul kekal, para frater ini akan melanjutkan studi teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero selama dua tahun, untuk kemudian ditahbiskan menjadi imam.*** (Flores Pos, Sabtu, 13 Agustus 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s