Dinsos dan KKI Antar Dua ODGJ ke Panti Rehabilitasi

tiba-di-panti

Dua ODGJ berinisial KDGA dan N (wajah disensor) berpose usai tiba di Panti Rehabilitasi Jiwa Renceng Mose di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Senin (10/10) malam. Tampak kru KKI Maria Gabriel (pertama kiri) dan Mama Nina (kedua kiri, tampak hanya wajah) dan keluarga dari dua pasien.

  • Panti Renceng Mose di Ruteng

Oleh Avent Saur

Ende, Flores Pos — Dinas Sosial Kabupaten Ende dan Kelompok Kasih Insanis (KKI) yang khusus peduli terhadap orang dengan gangguan jiwa mengantar dua orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ke Panti Rehabilitasi Jiwa Renceng Mose di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Senin (10/10).

Dua ODGJ itu, antara lain berinisial KDGA berasal dari Kampung Roworeke, Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, dan ODGJ berinisial N berasal dari Lorong Pekuburan, Jalan Katedral, Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Utara.

KDGA yang kaki kirinya terpasung selama kurang lebih tujuh tahun diantar setelah dilepaskan dari pasung. Pembongkaran pasung dilakukan Senin pagi dipimpin Wakil Bupati Ende, Djafar Achmad. KDGA berusia 50-an tahun.

Sementara N yang berusia 36 tahun diantar setelah sekitar sebulan lalu diambil keluarganya dari jalan-jalan umum di Kota Ende dan sekitarnya. N  menderita gangguan jiwa sejak tahun 1990-an.

Disaksikan Flores Pos, Senin siang, dua ODGJ tersebut diantar dengan menggunakan mobil milik dinas sosial. Tampak Mama Nina dan Maria Gabriela dari kru KKI serta kakak dari N yakni Mama Siti dan beberapa keluarga dari KDGA.

Mereka tinggalkan Kota Ende bersama Kepala Panti Rehabilitasi Jiwa Renceng Mose Bruder John Baptista Ganti FC bersama rombongan yang berada di Ende sejak Jumat (7/10). Bruder John dan rombongan berada di Ende untuk berpartisipasi dalam tiga rangkaian kegiatan KKI memaknai Hari Kesehatan Sedunia 2016.

10 Pasien di Panti

Bruder Pio Hayon, SVD

Bruder Pio Hayon, SVD

Sekretaris KKI Ende, Bruder Pio Hayon SVD mengatakan, selama ini Dinas Sosial Kabupaten Ende telah memfasilitasi KKI untuk mengantar ODGJ ke dua panti di Flores yakni Panti Santa Dymphna di Maumere, Kabupaten Sikka, dan Panti Renceng Mose di Ruteng, Kabupaten Manggarai. Di dua panti tersebut, kata Bruder Pio, sudah ada beberapa ODGJ, pasien KKI, yang sedang dirawat.

“Di Maumere, ada 5 pasien KKI. Satunya sudah dikembalikan ke keluarga,” kata Bruder Pio.

Menurut Bruder Pio, di Ruteng, ada 10 pasien KKI. Tiga orang sudah dikembalikan ke keluarga. Satu lainnya sedang menjalani kursus komputer di Panti Phala Martha sukabumi, Jawa Barat. Yang sedang dirawat, 6 orang.

Bruder Pio menambahkan bahwa pengiriman pasien ke panti rehabilitasi disesuaikan dengan kapasitas panti. Pengiriman itu juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan KKI dan keluarga.

Bukan kesembuhan yang paling penting, lanjut Bruder Pio, melainkan perhatian yang didasari oleh kepedulian sebagai perwujudan tanggung jawab moral sosial terhadap mereka.

“Yang utama adalah mereka diperhatikan, entah dikirim ke panti, maupun yang berdiam di rumah-rumah, pondok-pondok atau yang terpasung,” ujarnya.

Mewakili KKI dan keluarga ODGJ, Bruder Pio mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panti Renceng Mose yang telah menerima dan merawat pasien-pasien yang dikirim KKI dan Dinsos Ende. Terima kasih dan apresiasi juga diucapkan kepada Dinsos Ende yang menyediakan sarana transportasi bagi pengiriman pasien KKI.

Kapasitas Terbatas

Kepala Panti Renceng Mose, Bruder John Baptista Ganti FC mengatakan, panti Renceng Mose menampung pasien laki-laki dan perempuan dengan kapasitas terbatas yakni 30 orang. Karena itu, lanjut Bruder John, perhatian yang teramat penting bagi para ODGJ adalah bukan panti melainkan anggota keluarga yang hidup dekat dengan mereka.

“Keluarga mesti lebih peduli terhadap anggotanya yang mengalami gangguan jiwa, bukan malah dibiarkan berkeliaran di jalan-jalan,” katanya.

Bruder John memberikan apresiasi kepada KKI yang mengundang pihak panti untuk berpartisipasi dalam tiga rangkaian kegiatan memaknai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2016. Bruder John berharap semakin banyak orang yang menaruh perhatian terhadap masalah ODGJ.

Anggaran Terbatas

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Yeremias Bore mengatakan, dinas sosial hanya bisa membantu sarana transportasi ke panti. Pembiayaan di panti dan upaya lainnya terhadap masalah ODGJ belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada KKI yang telah mewujudkan kepedulian terhadap ODGJ di Kabupaten Ende. Kami tetap berjuang untuk pengadaan anggaran dan kebijakan lainnya terkait masalah ini,” katanya.

Tiga Kegiatan

Mengantar dua ODGJ ke panti Renceng Mose, Senin (10/10), adalah salah satu item dari kegiatan kampanye kesehatan jiwa yang bertema “Bebas Pasung, Bebas Stigma” pada puncak Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2016 yang jatuh pada 10 Oktober.

Pada hari puncak ini, KKI mengadakan pembongkaran pasung ODGJ di Kampung Roworeke dipimpin Wakil Bupati Ende Djafar Achmad dan kegiatan visitasi ODGJ yang berkeliaran di jalan-jalan dalam Kota Ende dan sekitarnya.

Selain kampanye, KKI juga menggelar seminar kesehatan bertema “Mengangkat Martabat ODGJ” di Aula STPM Ende, Sabtu (8/10) dan malam puisi bertema “Sastra dan Kemanusiaan ODGJ” di Aula BBK Ende, Minggu (9/10).*** (Flores Pos, 13 Oktober 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s