5.000-an KIS di Manggarai Mubazir

  • Pemegang KIS Bukan Penduduk Manggarai

Oleh Christo Lawudin

deno-kamilus

Bupati Manggarai, Deno Kamelus

Ruteng, Flores Pos — Sebanyak 5.000-an Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Manggarai mubazir. Sebabnya, nama yang tertera dalam kartu tersebut bukan penduduk Manggarai. Ini diketahui usai dicek secara detail hingga di pelosok kampung.

Masalah itu mencuat dalam rapat khusus tim koordinasi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Manggarai, bertempat di Aula Nuca Lale Kantor Bupati, Sabtu (26/11). Rapat itu langsung dipimpin Bupati Deno Kamelus, didampingi Wabup Viktor Madur. Hadir dalam rapat itu para pemimpin SKPD dan pelbagai elemen yang dilibatkan pemerintah dalam menangani kemiskinan.

Bupati Deno mengatakan, penerimaan bantuan sosial pemerintah selama ini selalu menjadi persoalan ketika sampai di masyarakat. Ada yang mendapatkan dobel untuk semua bantuan, ada yang tidak mendapatkan sama sekali walaupun masuk kategori miskin, ada yang ekonominya bagus dan bahkan pegawai sekalipun mendapatkannya. Akar masalahnya adalah data-data yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah tidak sinkron.

“Sasaran utama program itu untuk orang miskin. Tetapi masyarakat yang jadi sasaran malah tak mendapatkan bantuan. Kejadian terkini 5.000-an penerima KIS bukan penduduk Manggarai. Dengan itu, sudah dipastikan kartu mubazir,”katanya.

Dikatakan, data itu sudah dicek secara detail ke pelbagai desa dan kelurahan. Nama pemilik kartu bukan masyarakat Manggarai. Dari kesalahan nama itu, maka daerah ini kehilangan uang untuk masyarakat mencapai Rp1 miliar lebih. Padahal, jika pemegang kartu itu masyarakat Manggarai, maka manfaatnya tepat sasaran. Dengan data seperti itu, maka uangnya melayang dari Manggarai.

Tim Penanggulangan Kemiskinan

Apa yang terungkap itu, kata Bupati Deno, hanya salah satu yang terjadi di negeri ini akibat data tidak sama antara pusat dan daerah. Keadaan seperti itu tidak boleh dibiarkan. Semua data harus sinkron dan valid dari daerah hingga pusat.

Karena itu, menurutnya, penting sekali untuk mengubah semuanya itu. Tim penanggulangan kemiskinan harus segera bekerja untuk mendapatkan data yang lebih valid dan akurat.

Tim itu nantinya, lanjut Bupati Deno, akan bekerja untuk membantu pemerintah dalam mendapatkan data yang valid dan akurat tentang orang-orang miskin. Data itu bukan hanya angka saja, melainkan setelah validasi dan verifikasi yang riil di lapangan. Setelah data akurat, itu diserahkan kepada bupati untuk digunakan dalam pelbagai program dan kepentingan di tingkat provinsi dan nasional.

“Database”

Sedangkan Sekda Manseltus Mitak menambahkan, database (basis data atau pangkalan data yang sistematik atau teratur) tentang kemiskinan perlu dimiliki daerah. Database harus satu dan tidak boleh beda-beda seperti apa yang terjadi selama ini. Karena itu, keberadaan tim penanggulangan kemiskinan sangat penting dan diminta mulai bekerja.

“Karena data yang tidak akurat itu, 5.000-an KIS mubazir. Tidak tahu, penduduk itu diambil dari mana dan pemegang itu bukan penduduk Manggarai. Hal-hal seperti ini tak boleh dibiarkan,” katanya.*** (Flores Pos, 28 November 2016)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s