Usai Bunuh Kakak Sepupu, Paulus Serahkan Diri ke Polisi

bunuh

Police line kasus pembunuhan.

  • Ditangani Polsek Bola, Kabupaten Sikka

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores – Paulus Peding (40), warga Kampung Wodonwair, Dusun Maget, Desa Wolomotong tega membunuh kakak sepupunya Andres Tinag (60) dengan sebilah parang di dapur korban di Roalewok, Dusun Maget, Desa Wolomotong, Selasa (29/11) petang.

Usai membunuh korban, pelaku kemudian menyerahkan diri ke Polsek Bola. Pelaku dan korban masih berhubungan kekeluargaan karena dua orangtua mereka kakak beradik.

Kapolres Sikka AKBP I Made Kusuma Jaya kepada media ini, Rabu (30/11) menjelaskan, kasus pembunuhan ini berawal dari upaya pelaku menagih utang Rp2,5 juta kepada korban yang adalah kakak sepupunya.

“Kasus pembunuhan ini disebabkan oleh masalah utang Rp2,5 juta,” kata
Kapolres Kusuma Jaya.

Kronologi

Kasubag Humas Polres Sikka, Ipda Margono, kepada wartawan menjelaskan kronologi kasus pembunuhan itu. Margono mengaku seturut laporan yang diterimanya dari Polsek Bola, diketahui bahwa pada  29 November 2016 terjadi tindak pidana pembunuhan di dapur milik korban di Roalewok, Dusun Maget, Desa Wolomotong, Kecamatan Doreng.

Awalnya, pelaku berangkat dari rumahnya menuju rumah korban untuk
meminta uang milik pelaku yang dipakai oleh korban.

“Setiba di rumah korban, pelaku meminta uang yang dulu dipakai oleh korban. Pelaku meminta kembali uang untuk kepentingan urus belis anak dari pelaku. Acara adatnya digelar pada Rabu (30/11). Namun, saat itu, korban mengaku tidak punya uang. Korban meminta pelaku untuk pulang,” kata Margono.

Karena mendengar korban menjawab begitu, lanjut Margono, maka pelaku
dan korban sempat adu mulut.

“Karena dikuasai emosi, pelaku langsung mengangkat parang dan kemudian mengayunkan parang itu di bagian kepala satu kali. Setelah korban jatuh, pelaku langsung memotong korban lagi di bagian kepala sebanyak dua kali, dan di bagian punggung kanan sebanyak 1 kali,” katanya.

Setelah selesai memotong korban, lanjut Margono, pelaku langsung berjalan kaki dari Desa Wolomotong ke Polsek Bola untuk kemudian menyerahkan diri di Polsek Bola pada jam 16.50 Wita.

“Usai membunuh korban, pelaku langsung menyerahkan diri,” kata Kasubag Margono.

Tindakan Polisi

Kasubag Ipda Margono menjelaskan, polisi telah melakukan beberapa tindakan terkait kasus pembunuhan itu yakni menerima laporan warga, membuat laporan polisi, mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), serta mengambil data.

“Polisi juga telah membawa pelaku ke Polres Sikka, membawa barang bukti, dan pelaku telah ditahan di sel polisi. Penyidik juga telah membuat  LP.No.17/XI/2016/NTT/Res.Sikka/Sek. Bola. Penyidik saat ini sedang memeriksa saksi dan pelaku,” kata Kasubag Margono.

Kejadian Beruntun

Kepala Desa Wolomotong, Romanus Rabu, yang dihubungi terpisah menambahkan, kejadian pembunuhan itu merupakan yang kedua dalam sepekan terakhir setelah pada Selasa (22/11), salah seorang warganya atas nama Arwarensa Yohana Jiti dibunuh oleh suaminya Anselmus Urbadus Baek tegal cemburu.

“Ini kejadian pembunuhan beruntun yang terjadi di Desa saya dalam sepekan terakhir. Saya minta warga agar kalau hendak menyelesaikan masalah, tolong selesaikan dengan hati dingin,” kata Kades Romanus.*** (Flores Pos, 1 Desember 2016)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s