Desa Golo Lijun Luput dari Sentuhan Pembangunan

Foto berita cetak, Flores Pos, 12 Juli 2017.

Oleh Albert Harianto

Borong, Flores Pos — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) diminta memperhatikan secara serius kondisi masyarakat Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, yang serba minim. Sudah lama, wilayah ini luput dari perhatian pemerintah.

Pemerintah diminta segera membangun berbagai fasilitas di desa perbatasan dengan wilayah Kabupaten Ngada itu, karena warga begitu menderita dengan sarana dan prasana yang minim.

Nandik Ferdinan, salah satu pemuda Kecamatan Elar, Manggarai Timur, kepada Flores Pos melalui telepon, Senin (3/7), mengatakan bahwa Desa Goli Lijun berbatasan langsung dengan Desa Sambi Nasi Barat, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Desa Golo Lijun terdiri dari beragam suku dengan mata pencaharian bertani dan melaut.

Menurut Nandik, warga desa tersebut belum merasakan kemerdekaan. Walapun Indonesia sudah merdeka 70-an tahun, masyarakat Golo Lijun belum merasakan kemerdekaan.

“Infrastruktur jalan, air minum bersih, listrik, jaringan telkomsel belum masuk ke wilayah desa tersebut. Warga hidup menderita,” katanya.

Bahkan warga yang mau menelepon keluarga, berusaha memanjat pohon kelapa dan pohon asam. Warga rela pertaruhkan nyawa demi berkomunikasi dengan keluarga atau kenalan. Jaringan telekomunikasi sulit diakses.

“Terkait penerangan, warga masih mengandalkan lampu pelita dan sebagian menggunakan generator dan lampu tenaga surya,” tuturnya.

Masalah Perbatasan

Dia juga mengatakan bahwa derita Warga Golo Lijun saat ini tidak hanya terkait kekurangan infrastruktur tetapi juga masalah perbatasan antara Kabupaten Ngada dan Kabupaten Manggarai Timur. Masyarakat Desa Golo Lijun hidup di atas ujung tombak dan ujung parang.

Warga Berjuang Sendirian

Senada juga disampaikan Jak Kako, mahasiswa asal Golo Lijun. Kako mengatakan bahwa masyarakat memberikan apresiasi kepada pemerintah dalam membangun pertanian dengan membuka persawahan buntal, namun apalah gunanya kalau sarana dan prasarana tidak mendukung petani terutama akses jalan rusak, pemasaran hasil pertanian dan fasilitas lain tidak diperhatikan.

Warga seakan berjuang sendirian, sementara pemerintah NTT terkesan menutup mata terkait daerah perbatasan yang tidak kunjung diselesaikan.

Jalan menuju perbatasan dari Golo Lijun seperti kubangan kerbau. Jalur strategis nasional sudah puluhan tahun tidak pernah dihotmiks lagi.

Pemerintah diminta segera menerjunkan program hotmiks jalur pantura tersebut. Selain itu, pemkab hendaknya bekerja sama dengan pihak telkomsel untuk membuka jaringan. Demikian juga pembangunan listrik menuju Desa Golo Lijun.

Warga saat ini sangat menderita dengan fasilitas yang terbatas. Ada pembangunan perpustakaan, namun tidak ada buku. Demikian juga rumah penduduk begitu banyak yang tidak layak huni.

“Pemerintah diminta untuk secepatnya membangun desa perbatasan Golo Lijun menjadi lebih baik,” katanya.*** (Flores Pos, 12 Juli 2017)

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s