“Belum Kalah” Kembali Hadir

Buku “Belum Kalah” edisi revisi, cetakan II, ditulis oleh Avent Saur, diterbitkan oleh Penerbit Nusa Indah di Ende (Flores, NTT), tempat Soekarno pernah dibuang tahun 1930-an. Terbitan pertama, Oktober 2017, oplah 1000 eksemplar. Terbitan kedua, Agustus 2018, oplah 1000 eksemplar. Prolog Andreas Harsono, Peneliti Human Rights Watch, pernah melakukan penelitian kasus pasung orang dengan gangguan jiwa di Indonesia. Epilog, Paul Budi Kleden, teologi politik di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere (Flores, NTT), pada Juli 2018 (hingga 2024) terpilih sebagai Superior General Kongregasi Religius SVD sejagat (SVD/Societas Verbi Divini/Serikat Sabda Allah).

Oleh Avent Saur

Buku Belum Kalah kini kembali hadir dalam rupa cetakan kedua dengan sedikit revisi.

Setelah tayangan di Kick Andy Show, Metro TV, 22 Desember 2017 lalu, banyak pemesan bermunculan. Sementara saat itu, 1000 eksemplar Belum Kalah cetakan pertama sudah habis terpesan.

Inilah yang mendesak Kelompok Kasih Insanis (KKI) Peduli Orang dengan Gangguan Jiwa di NTT yang berpusat di Ende, Flores, kembali mencetak buku kita ini.

Belum Kalah diluncurkan pada 10 Oktober, tepat pada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2017, dan dibedah oleh Doktor dokter Albert Maramis, mantan Koordinator WHO Indonesia dalam seminar nasional.

Seminar itu bertajuk “Membongkar Budaya Negatif terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa”, digelar di Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Ende.

Belum Kalah merupakan kumpulan kisah nyata dengan gaya tulisan populer dan berisi gagasan inspiratif perihal perjuangan kemanusiaan saudara-saudari kita yang menderita gangguan jiwa di NTT.

***

Hasil pemilikan Belum Kalah akan dipakai untuk kebutuhan sosial kemanusiaan yakni membiayai perawatan pasien-pasien KKI di panti rehabilitasi jiwa.

Selain itu, ada juga untuk beli obat bagi pasien-pasien di NTT (berjumlah 3000-an orang) yang dirawat di rumah-rumah keluarga, yang notabene puskesmas-puskesmas di wilayahnya belum menyediakan obat.

Selain itu, akan dimanfaatkan untuk pengadaan brosur profil KKI, brosur promosi kesehatan jiwa, pengadaan peralatan kantor sederhana sekretariat KKI, sewa mobil saat bepergian membongkar pasung dan kunjungan ODGJ.

Demikian juga, ini akan dipakai untuk membeli makanan-minuman buat mereka saat kita melakukan kunjungan.

Juga untuk pemberdayaan pasien yang sudah pulih, semisal pembuatan kandang kambing, kandang ayam dan kandang babi serta pengadaan hewan-hewan tersebut.

***

Buku ini dihargai Rp 80.000. Tebal, 372 halaman. Proses pemesanan hanya kepada Avent Saur di Ende, Pulau Flores, baik melalui akun Facebook Avent Saur maupun Fanpage Avent Saur SVD dan nomor WhatsApp Avent Saur 085238960323.

Sejumlah 300 pemesan sudah dicatat dalam daftar pemesanan, dan menunggu proses pengiriman.

Salam peduli sehat jiwa. Bebas pasung, bebas stigma & bebas diskriminasi.***

Advertisements

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s