Atasi KDRT, Peran Masyarakat Dibutuhkan

Oleh Avent Saur

Ende, Flores Pos–Peran masyarakat dalam mengatasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sangat dibutuhkan. Sebab pihak yang lebih cepat mengetahui kejadian kekerasan dalam rumah tangga adalah masyarakat terutama para tetangga.

Hal tersebut disampaikan Staf Divisi Perempuan pada Tim Relawan Kemanusiaan (Truk) Maumere, Dafrosa Keytimu, dalam sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Paupire, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, Rabu (17/7). Sosialisasi terselenggara berkat kerja Truk Cabang Ende dengan Kelurahan Paupire.

Baca berita terkait: Masyarakat Jangan Anggap Lumrah atas KDRT

Sosialisasi Truk Cabang Ende di Aula Kelurahan Paupire, Ende, Rabu (17/7).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Lurah Paupire Kris Ngala dan staf kelurahan, para ketua rukun tetangga (RT), Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Paupire Agustinus Ambi, Staf Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), staf JPIC SVD Ende dan warga Kelurahan Paupire.

Dari Truk Maumere, selain Defrosa Keytimu, hadir juga Erlyn Istilca dan Suster Fanci Yanglera SSpS, sedangkan Truk Cabang Ende, hadir Ida Gesi.

Peran masyarakat dalam menghadapi KDRT disampaikan Staf Truk Maumere, Dafrosa Keytimu, untuk menjawab pertanyaan peserta sosialisasi, Sisilia yang adalah ketua RT di wilayah Kelurahan Paupire.

Sisilia mengatakan, masalah kekerasan dalam rumah tangga biasa dipandang sebagai masalah internal rumah tangga atau masalah pribadi. Karena itu, masyarakat membiarkan kekerasan terus terjadi dan enggan untuk melakukan intervensi.

“Saya tahu beberapa kasus KDRT, tetapi saya tidak tahu apa yang harus dilakukan,” kata Sisilia.

Menjawab pertanyaan tersebut, Keytimu mengatakan, sebagai tetangga yang baik, kata Keytimu, masyarakat sedapat mungkin menaruh kepedulian terhadap keadaan yang diderita oleh sesamanya, terutama ibu rumah tangga.

Hal sederhana yang bisa dibuat adalah menegur sebagai sesama warga. Bisa juga sejauh dapat beritahulah korban bahwa kekerasan adalah sebuah kejahatan dan melanggar hak asasi manusia.

“Ini bertujuan agar kekerasan tidak terus berlanjut. Putuskan mata rantai kekerasan tersebut,” tuturnya.

Dasar Hukum

Lebih dari itu, kata Keytimu, peran masyarakat dalam mengatasi KDRT sudah tergaris dalam UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Pada pasal 15 dinyatakan bahwa “setiap orang yang mendengar, melihat, atau mengetahui terjadinya kekerasan dalam rumah tangga wajib melakukan upaya-upaya sesuai dengan batas kemampuannya untuk mencegah berlangsungnya tindak pidana.”

Baca ulasan: Jika KDRT Terjadi

Undang-undang juga memerintah agar masyarakat “memberikan perlindungan kepada korban, memberikan pertolongan darurat, dan membantu proses pengajuan permohonan penetapan perlindungan.”

“Kita tidak boleh diam jika tahu kasus kekerasan di sekitar kita,” tegasnya.

Sosialisasi yang dilakukan di Aula Kelurahan Paupire adalah kegiatan yang kedua di kota Ende. Sebelumnya, Selasa (16/7), Truk Cabang Endemenyelenggarakan sosialisasi di Kantor Kelurahan Onekore, Kecamatan Ende Tengah.

Truk Cabang Ende yang berkantor di Biara Santo Konradus, Jalan Wirajaya Ende, berharap memanfaatkan lembaga sosial ini dalam menyelesaikan kasus-kasus KDRT di Kabupaten Ende.*** (Flores Pos, 20 Juli 2019)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s