Sering Menyendiri, Sarjana Biologi Ditemukan Tewas Gantung Diri

 

Oleh Wall Abulat

Maumere, Flores PosYulius Samsidu Pati (27), warga RT 026, RW 05, Kelurahan Kota Baru, Kota Maumere, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, ditemukaan tewas gantung diri di pintu kamar tidurnya, Rabu (24/7) pagi.

Disaksikan Flores Pos di tempat kejadian perkara (TKP), Rabu pagi, korban gantung diri dengan cara melilitkan tali nilon berwarna biru di lehernya lalu ditambat pada jenang pintu kamar tidurnya. Korban meninggal dalam posisi berlutut.

Kejadian ini sangat mengagetkan orang tua korban dan keluarganya. Apalagi, sebelum ditemukan meninggal dengan cara nahas itu, korban mengantar saudari kandung ke sebuah tempat penjualan air minum di Kota Maumere.

Korban juga mengantar adik lainnya yang masih mengenyam pendidikan di salah satu sekolah di Kota Maumere.

Pekerjaan ini korban lakukan setiap hari pada hari aktif kerja atau sekolah dua adiknya itu.

Untuk diketahui, korban adalah sarjana pendidikan biologi, alumnus Universitas Budi Utomo Malang, Jawa Timur, sejak dua tahun silam.

Martinus Nggai, ayah korban, kepada wartawan di Ruang Jenazah RSUD Maumere, Rabu (24/7), menjelaskan bahwa selama ini putranya dikenal sangat pendiam dan selalu menyendiri.

“Anak saya ini tidak ada masalah dengan siapa pun. Ia dikenal sangat pendiam dan sering menyendiri,” kata Nggai.

Nggai juga mengatakan, pada pukul 08.00, korban juga selalu mengantar makanan untuk dirinya dan keluarga lainnya yang lagi jaga kios di Pasar Alok, pinggir kota Maumere.

Pada Rabu (24/7), korban tidak lagi mengantar makanan buat ayah dan keluarganya. “Saya mendapatkan informasi dari keluarga saya di rumah bahwa anak saya tewas gantung diri,” kata Nggai yang tampak tegar dengan kejadian nahas tersebut.

Nggai menambahkan, korban juga biasa membantu orang tua untuk memberikan makanan ayam dan babi milik mereka. “Anak saya ini juga rajin bantu pelihara babi dan ayam di rumah,” katanya.

Tidak Ada Tanda-Tanda Kekerasan

Flores Pos mencatat, kasus gantung diri tersebut mendapat perhatian Polres Sikka dan Polsek Alok. Setelah mendapat informasi dari keluarga, Kapolsek Alok Ipda John Balla dan Kaur Identifikasi Polres Sikka Aipda David Jeradu serta beberapa personel polisi langsung mendatangi TKP.

Polisi mengolah TKP, menurunkan jenazah korban, dan membawanya ke Ruang Jenazah RSUD Maumere untuk divisum.

Di ruang jenazah, dokter Daid Denada didampingi petugas ruang jenazah, Dominikus Tala, melakukan visum atas jenazah korban.

Denada yang dimintai komentarnya terkait hasil visum, enggan memberikan keterangan.

Informasi yang berkembang yang diterima media ini menyebutkan bahwa pada jenazah korban tidak ada tanda-tanda kekerasan.

Korban Ke-12

Kapolres Sikka, AKBP Rickson Situmorang, melalui Kanit Identifikasi Polres Sikka, David Jeradu, kepada media ini menjelaskan bahwa selama periode Januari-24 Juli 2019, pihak Polres Sikka telah menangani 12 kasus gantung diri yang tersebar pada 4 polsek, antara lain Polsek Alok, Polsek Waigete, Polsek Kewapante, dan Polsek Bola. Setiap Polsek terdapat 3 kasus.

“Dalam catatan saya, warga Sikka yang meninggal karena gantung diri pada periode Januari-24 Juli 2019 sebanyak 12 orang. Yang menjadi perhatian kita, dalam dua pekan terakhir ada tiga kasus,” kata Jeradu.*** (Flores Pos, 25 Juli 2019)

About Avent Saur

Lahir 27 Januari 1982 di kampung Weto, Kecamatan Welak, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bulan kelahiran ini masih diragukan, karena Mama saya bilang saya dilahirkan pada bulan usai panen jagung dan padi. Yah... sekitar bulan Juli. Di akte kelahiran dan surat baptis (agama Katolik), 27 Juli 1982.Studi filsafat dan teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Maumere, Flores, NTT. Pernah menjadi wartawan pada majalah bulanan KUNANG-KUNANG (2008-2009). Sekarang, tinggal di Ende, "bantu-bantu" di harian umum Flores Pos. Blog ini dibuat, sejak 20 April 2013.
This entry was posted in BERITA and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s